Analisa Kekuatan Tarik dan Tekuk Pada Sambungan Pipa Baja dengan Menggunakan Kanpe Clear NF Sebagai Pengganti Las

*Ilham Chaerul Rizqi Siregar  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
K. Kiryanto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Fibreglass Reinforced Plastic (FRP) merupakan suatu bahan yang menyerupai lapisan tipis dari polimer yang terdiri dari serat karbon, serat, dan epoxy. Fibreglass Reinforced Plastic (FRP) penguatan luar dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan geser, lentur, dan tekan. Pada prinsipnya konsep ini digunakan menjadi bahan alternatif pemeliharaan pipa terhadap korosi, meningkatkan kekakuan dan mencegah kebocoran pada sambungan pipa tanpa membuat cacat. Proses ini dapat mengurangi kerusakan tanpa harus membuat cacat permukaan. Dalam penelitian ini terdapat 3 variasi sambungan yaitu, las, resin, dan campuran. Untuk bahan resin nya digunakan Kanpe Clear NF  dan Catalyst Hardener dengan komposisi 2 : 1 (oleh berat). Hasil pengujian didapatkan kuat tarik rata - rata untuk variasi las sebesar 301,8 N/mm2, untuk variasi resin didapatkan nilai sebesar 29,0 N/mm2, dan untuk yang campuran sebesar 304,9 N/mm2 mengalami kenaikan kekuatan 5% dari variasi las biasa, untuk hasil rata - rata pengujian tekuk variasi las didapatkan sebesar 49,6 N/mm2, untuk variasi resin di dapatkan hasil 24,0 N/mm2, dan yang terakhir untuk variasi campuran rata – rata nya sebesar 52,9 N/mm2 mengalami kenaikan kekuatan 5% dari variasi las biasa.   

Article Metrics:

  1. Tudjono, S., Ay, H., & Ardi, B. (2015). An experimental study to the influence of fiber reinforced polymer ( FRP ) confinement on beams subjected to bending and shear. Procedia Engineering, 125, 1070–1075.
  2. Osouli-Bostanabad, K., Tutunchi, A., & Eskandarzade, M. (2017). The influence of pre-bond surface treatment over the reliability of steel epoxy/glass composites bonded joints. International Journal of Adhesion and Adhesives, 75(February), 145–154.
  3. Pramanta, D., Teknik, J., Industri, F. T., & Sepuluh, I. T. (2012). Pengaruh Komposisi Phenolic Epoxy Terhadap Karakteristik Coating Pada Aplikasi Pipa Overhead Debutanizer, 1(1), 1–6.
  4. Alshahrani, R. F., Merah, N., Khan, S. M. A., & Al-nassar, Y. (2016). International Journal of Impact Engineering On the impact-induced damage in glass fiber reinforced epoxy pipes. International Journal of Impact Engineering, 97, 57–65.
  5. Surdia, T., & Saito, S. (1999). Pengetahuan Bahan Teknik, 372.