skip to main content

Perancangan Kapal Kontainer 120 TEU Rute Pelayaran Tanjung Mas – Tanjung Pinang

*Samuel Rikardo Nainggolan  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Untung Budiarto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kapal yang akan dirancang sebagai kapal pengangkut kapas dan plastik  dari Tanjung Mas –Tanjungpinang harus memperhitungkan ukuran utama, rencana garis, rencana umum, analisa hidrostatik, stabilitas kapal dan analisis olah gerak kapal, serta pemilihan peralatan penyelamatan dan motor induk berdasarkan hasil perhitungan daya motor sesuai dengan hambatan yang dialami kapal,. Metode perancangan kapal Kontainer ini menggunakan kapal pembanding sebagai acuannya. Setelah ukuran utama didapatkan maka analisa kelayakan lambung bisa didapatkan dari software pendukung perancangan kapal. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang kapal Kontainer yang  mempermudah pendistribusian kapas dan plastik dan tentunya sesuai dengan karakteristik perairan wilayah Tanjung Mas -Tanjungpinang. Perancangan kapal menggunakan metode perbandingan untuk mendapatkan ukuran utama kapal, software Maxsurf  untuk pemodelan  dan untuk analisa karakteristik kapal. Ukuran utama kapal didapatkan yaitu Lpp = 87,90 m, B = 13,50 m, H = 7,30 m, T = 5,4 m, Vs = 13,3 knot, dengan displacement 4757  ton dan Cb = 0,70.

Fulltext View|Download
  1. Anonym . 2012, “Mengenal Ukuran dan Jenis Kontainer”, dalam https://konsultasipabean.blogspot.co.id/2011/12/mengenal-ukuran-dan-jenis-container.html, diakses tanggal 25 Mei 2017
  2. Lewis, Edward V, 1989, “Motion In Waves and Controllability”, Principles of Naval Architecture Volume III Second Revision, The Society of Naval Architects and Marine Engineers, USA
  3. NORDFORSK, 1987. Seakeeping Criteria. Nordic co-operative project
  4. P, Friska Kartika. 2012. Perancangan Kapal Container 208 TEU Rute Pelayaran Surabaya - Banjarmasin, S1 Teknik Perkapalan, UNDIP: Semarang
  5. Septarudin, Rino. 2011. Perancangan Kapal Kontainer 400 TEU dengan Radius Pelayaran 764 Mil Laut, S1 Teknik Perkapalan, UNDIP: Semarang
  6. Watson, DGM, 1998, Practical Ship Design, The Technical Publishing Company, UK

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.