Perancangan Sistem Shaft Locked Untuk Mencegah Kerusakan Gearbox Pada Kapal Layar Motor Archipelago Adventurer II

*I Made Andrean Nanda Setiawan  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Wilma Amiruddin  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
KLM Archipelago Adventurer II merupakan kapal layar tradisional yang juga menggunakan mesin sebagai penggerak utama kapal atau biasa disebut kapal layar motor. Untuk mencegah kerusakan pada gearbox pada saat kapal menggunakan layar sebagai penggerak utama, maka penulis mencoba membuat inovasi. Yaitu merancang system shaft locked agar dapat mencegah kerusakan gearbox pada KLM Archipelago Adventurer II. Dengan melakukan wawancara, pengolahan data, merancang design system shaft locked, dan membuat system yang mudah digunakan pada shaft locked. System Shaft Locked yang dirancang oleh penulis menghasilkan daya genggam sebesar 5,97 kW dan menggunakan mesin motor yang memiliki daya sebesar 0,05 kW – 7,5 kW, sehingga mampu menahan shaft propeller yang berputar.
Keywords: Kapal Layar Motor; Propeller; Shaft Locked; Gearbox

Article Metrics:

  1. Perbaikan P, Erwin F. Mesin Penggerak Utama Mesin Penggerak Utama Mengenai Saya. 2017;1–17
  2. Atlanta G. Mechanical Engineer. Seal Technol. 2006;2006(1):5–5
  3. Wikipedia D. Pelumas. 2017;2–3
  4. Suga K, Sularso. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. 6th ed. Jakarta: Pradnya Paramita; 1987. 84 p
  5. Wikipedia D. Motor listrik. 2017;2–5
  6. rating 610kW ( 829mhp). Spesifikasi mesin Yanmar 6AYM-WET. 2000;2000
  7. Popov E. Mekanika Teknik. 2nd ed. Nagarajan S, editor. Jakarta: Erlangga; 1993
  8. Jahidin S. Rancang Bangun 3D Konstruksi Kapal Berbasis Autodesk Inventor untuk Menganalisa Berat Konstruksi. 2013;2(1):1–6
  9. Hidayat N, Shanhaji A. Autodesk Inventor. Bandung: Informatika; 2011