slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Studi Pengaruh Bentuk Rumah Propeller Pada Buritan Kapal Tradisional Belimbing Dengan Metode CFD | Fitriadi | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Studi Pengaruh Bentuk Rumah Propeller Pada Buritan Kapal Tradisional Belimbing Dengan Metode CFD

*Widya Rahman Fitriadi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Andi Trimulyono  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan dan sebagian besar penduduk Indonesia berprofesi sebagai nelayan, masing – masing daerah mempunyai ciri khas kapal ikan, salah satunya kapal ikan didaerah Tuban Jawa Timur. Dalam operasinya di laut, kapal harus memiliki nilai ekonomis. Mengacu pada aliran fluida yang terjadi, perhitungan nilai hambatan total saat kapal beroperasi menjadi penting karena berpengaruh terhadap aliran fluida yang ditimbulkan serta besarnya kecepatan kapal. Oleh karena itu tujuan  dilakukan penelitian  ini adalah untuk membandingkan antara kapal yang menggunakan kemudi manual dengan kapal yang menggunakan sepatu kemudi untuk  mencari nilai hambatan total serta aliran dan tekanan kapal yang bertujuan untuk  mencari performa terbaik kapal. Analisa kapal menggunakan software Computational Fluid Dynamic dan untuk pemodelan kapal menggunakan Software Rhinoceros. Berdasarkan hasil analisa perhitungan CFD nilai hambatan total pada kecepatan asli yaitu pada Fn 0.339 kapal tanpa sepatu kemudi memiliki nilai hambatan total sebesar 17.39 KN. Sedangkan nilai hambatan total pada kapal dengan sepatu kemudi sebesar 19.57 KN. Untuk besarnya aliran dan tekanan pada poros 0.05 m kapal tanpa sepatu sepatu kemudi sebesar 1.78 m/s dan 1661.9 Pa sedangkan model sepatu kemudi 1.58 m/s dan 1859.0 Pa. Aliran dan tekanan pada poros 0.3 m kapal tanpa sepatu sepatu kemudi sebesar 1.88 m/s dan 1743.4 Pa sedangkan model sepatu kemudi 1.74 m/s dan 1864.3 Pa.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Perbandingan; Lambung; Aliran; Tekanan; Hambatan Total; Froude number; CFD; Kapal Ikan
  1. Al Hakim, W. M. 2013. Pengaruh Bentuk Profile Kemudi Terhadap Aliran Fluida Pada Kapal Ikan Tradisional KM. Surya Andalan Berbasis CFD. Semarang: Jurnal KAPAL- Vol. 9, No.1 Februari 2013
  2. ITTC. 1957. International Towing Tank Conference. Recommended Procedures. Performance, Propulsion. ITTC Performance Prediction Method. 7.5-0.2-03-01.4
  3. Lewis, E. V. (Editor), 1988. Principles of Naval Architecture Second Revision. Volume II. The Society of Naval Architects and Marine Engineers, 601 Pavonia Avenue, Jersey City, NJ
  4. Munson, B. R., Young D.F., & Okiisi, T. H., 2003, Mekanika Fluida Edisi Keempat, Diterjemahkan oleh Harinaldi dan Budiarso, Jakarta : Erlangga
  5. Samuel dan Manik, P. 2011. Analisa Froude Number Ekonomis Pada Kapal Wisata Di Waduk Jatiluhur Dengan Pendekatan Computational Fluid Dynamic (Studi Kasus KM. JASATIRTA). Semarang: Jurnal TEKNIK – Vol. 32 No.3 Tahun 2011
  6. Wempi, W. 2011. Analisa Kinerja Hull Form Metode FORMDATA Kapal Ikan Tradisional 28 GT KM. Sido Sejati. Semarang: Jurnal KAPAL- Vol. 8, No.1, Februari 2011. Diakses dari http://ejournal.undip.ac.id/index.php/kapal/article/view/1703. Pada 20 Februari 2015

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.