MODIFIKASI KAPAL IKAN FIBERGLASS MONOHULL MENJADI KATAMARAN UNTUK PERAIRAN PANTAI TELUK PENYU CILACAP

*Alexcius Benaria Barus  -  Diponegoro University, Indonesia
Ari Wibawa BS  -  Diponegoro University, Indonesia
Sukanto Jatmiko  -  Diponegoro University, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract

Desain kapal tradisional yang digunakan dalam sektor perikanan di Indonesia kebanyakan adalah kapal dengan satu lambung (monohull). Namun kapal dalam tugas akhir ini direncanakan dengan bentuk lambung Katamaran yang efektif dan efisien dari segi teknis dan juga ekonomis, mengingat kapal tradisional yang beroperasi didaerah perairan cilacap memiliki banyak kerugian dari segi stabilitas kapal dan keselamatan nelayan.  Adanya penelitian ini mengenai modifikasi kapal ikan katamaran diharapkan semakin berkembangnya penangkapan ikan di sekitar Teluk Penyu Cilacap.

Dalam  melaksanakan penelitian ini dilakukan beberapa tahapan perancangan yaitu membuat rencana garis dengan software delftship, menganalisa hidrostatik, stabilitas kapal, analisis olah gerak kapal dengan menggunakan sotware perkapalan dan pemilihan peralatan kapal  dan motor induk berdasarkan hasil perhitungan daya motor sesuai dengan hambatan yang dialami kapal.

Perancangan kapal ikan katamaran ini didapatkan ukuran utama kapal LOA = 10.00 m,  LWL = 9.25 m, T = 0.50 m, H = 0.80 m, B = 3.40 m, Bl = 1.10 m . Dari perhitungan hidrostatik, kapal ikan katamaran  mempunyai displacement = 5.40 ton, Cb = 0.338, LCB = 4.048 m. Pada perhitungan stabilitas, hasil menunjukkan kapal ikan katamaran mempunyai stabilitas yang stabil titik M berada diatas titik G pada semua kondisi. Pada perhitungan olah gerak, kapal ikan katamaran memiliki olah gerak yang baik terbukti tidak terjadi deck wettnes. Kemudian pada gambar rencana umum, kapal ikan katamaran memiliki Ruang Muat yang dapat menampung ikan hasil tangkapan sekitar 2.44 ton dan peralatan keselamatan. Hambatan yang dialami kapal ikan katamaran 9 knots (efisiensi 75%) sebesar 1,94 kN dan membutuhkan daya mesin induk 16.02 HP.

 

Keywords: kapal ikan; katamaran; Perairan pantai teluk penyu Cilacap

Article Metrics: