Analisa Teknis Dan Ekonomis Penggunaan Wind Turbine Pada Kapal Penyeberangan Semarang-Karimunjawa

*Mohamad Hanif Fadillah Budiman Akbar  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Untung Budiarto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Wilma Amiruddin  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Armada kapal sangat bergantung pada bahan bakar minyak. Pada tahun 2017 akan dilakukan pembangunan pelabuhan berkapasitas yang dapat menampung kapal hingga 6000 GT. Berangkat dari permasalahan tersebut, tugas akhir ini mencoba menghadirkan kapal penyeberangan untuk digunakan dalam jalur pelayaran Semarang – Karimunjawa dengan menggunakan wind turbine untuk mengurangi pemakaian bahan bakar minyak untuk mensuplai kebutuhan penerangan. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mendapatkan tipe dan ukuran wind turbine yang optimum serta memiliki biaya investasi yang rendah dan mendapatkan keuntungan ekonomis. Analisis wind turbine yang dilakukan adalah pada kecepatan kapal 16 knot, kecepatan angina 10,159 knot sehingga didapat kecepatan angin yang bekerja pada wind turbine sebesar 18,95 knot dengan sudut serang angin terhadap wind turbine (angle of attack, α) adalah 180̊ (arah angina berlawanan dengan arah kapal). Dari hasil analisa didapatkan wind turbine yang optimum untuk dipasang di kapal adalah tipe sumbu horisontal dengan diameter rotor 6,4 m dengan jumlah yang terpasang sebanyak 2 unit. Dengan menggunakan rumus teoritis didapatkan hambatan yang ditimbulkan wind turbine sebesar 8 kN sehingga mengakibatkan pengurangan kecepatan sebesar 0.406 knot. Dengan total biaya investasi dan operasional awal sebesar Rp 399,285.864, pemasangan wind turbine dapat menghemat biaya sebesar Rp 86.353.054 per tahun.

Keywords: Turbin Angin; Analisa Teknis; Analisa Ekonomis; Energi Terbarukan; Kecepatan Angin

Article Metrics:

  1. Bockmann, Eirik, 2011,” Wind Turbine Propulsion of Ship”, Norwegian University of Science and Technology, Norway
  2. Lewis, E.V.(Editor), 1988, “Principle of Naval Architecture, Volume II. – Resistance, Propulsion and Vibration”, The Society of Naval Architecture and Marine Engineers, Jersey City
  3. Lysen, E. H., Agustus 1982, “Introduction to Wind Energy”, CWD Amersfoort The Netherlands.
  4. Park, Jack., 1981, “The Wind Power Book”, Cheshire Books, Palo Alto California.
  5. Strong, Simon James., 2008, Dissertation“Design of a Small Wind Turbine”, University of Southern Queensland, Australia
  6. United Kingdom Parliementary Office of Science and Technology.Postnote on Carbon Footprint of Electricity Generation. November 2006.
  7. Molland, A.F. 208, A Guide to Ship Design, Construction and Operation, The Maritime Engineering Reference Book, Butterworth-Heinemann, Elsevier.
  8. Harvald. Sv. Aa.,1992, “Resistance and Propulsion of Ship”, Department of Ocean Engineering and John willey & sons Inc, New York.
  9. Fingersh.L, Hand.M, and Laxson.A, December 2006, “Wind Turbine Design Cost and Scaling Model”, Technical Report NERL/TP-500-40566, National Renewable Energy Laboratory, Colorado.
  10. Sitorus, Boris De Palma. 2015. Analisa Teknis Dan Ekonomis Penggunaan Wind Turbine Dan Solar Cell Pada Kapal Perikanan. Skripsi Sarjana Pada FT UNDIP Semarang: Diterbitkan Tahun 2015
  11. Rivaldhi, Yogia. 2015. Analisa Teknis Dan Ekonomis Pemasangan Wind Turbine Sebagai Penghasil Daya Untuk Sistem Penerangan Pada Kapal Tanker 6500 DWT. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
  12. http://mediaindonesia.com/news/read/64206/karimunjawa-segera-disandari-kapal-besar/2016-08-30