Analisa Perbandingan Performance Kapal Ikan PVC “Baruna Fishtama” Dengan Kapal Ikan Tradisional (Kayu)

*Robby Hanggara  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Wilma Amiruddin  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
K Kiryanto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Published: 1 Jan 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penggunaan bahan PVC sebagai bahan alternatif pembuatan kapal ikan sedang dikembangkan di Pekalongan. Oleh karena itu dibutuhkan analisa lebih lanjut untuk membantu pengembangan ini. Dalam analisa ini dilakukan pengujian terhadap stabilitas dan kekuatan memanjang. Hasil dari analisa ini menunjukan bahwa kapal ikan PVC memiliki stabilitas yang lebih baik (mengacu pada nilai GM yang lebih besar daripada kapal ikan tradisional yang hanya memiliki nilai GM sebesar 3.988 m pada kondisi kosong, sedangkan kapal ikan PVC memiliki nilai GM sebesar 5.828 m pada kondisi kosong). Kapal ikan PVC memiliki nilai tegangan yang lebih besar (sDeck = 9.714 N/mm^2) dibandingkan dengan nilai tegangan kapal ikan tradisional (sDeck = 4.2817 N/mm^2)

Keywords: PVC; Stabilitas kapal; Kekuatan Memanjang kapal

Article Metrics:

  1. Anonymous. http://nasional.sindonews.com/read/1029961/149/kapal-ikan-paralon-tingkatkan-kehidupan-nelayan-1438824789.22.50 WIB, 12 April 2016
  2. Anonymous. http://www.radarpekalongan.com/7365/menristek-resmikan-nama-kapal-paralon-baruna-fishtama/.23.04 WIB, 12 April 2016
  3. Anonymous. http://teknik-uh.blogspot.co.id/.23.33 WIB, 14 April 2016
  4. Anonymous.Buku Teori Bangunan kapal .Universitas Diponegoro – Indonesia
  5. Anonymous.Panduan teknik dan katalog produk pipa PVC Wavin :Jakarta
  6. Anonymous.Biro Klasifikasi Indonesia, Peraturan Konstruksi Kapal Kayu 1996
  7. Anonymous.British Standard. “Characteristic Values For Welded Thermoplastics Constructions Determination Of Allowable Stresses And Moduli For Design Of Thermoplastics Equipment”.2000
  8. Hadi ES.2009.Komparasi Hull performance Pada Konsep Design Kapal Ikan Multi Fungsi Dengan Lambung Katamaran.Kapal, Vol 6 No.3 , Oktober 2009 Fakultas Teknik-. Universitas Diponegoro – Indonesia
  9. Ngazis, Herman Afdul. 2012. Perancangan Kapal Ikan Mini PurseSine displacement 15 Ton Tipe Monohull Menggunakan Pipa PVC.
  10. Prasojo, Ikhwan. 2015. Analisa Pengaruh Lunas Bilga Terhadap Olah Gerak Kapal Dan Hambatan Total Pada Kapal Ikan Tradisional Tipe Kranggan”.