Analisa Pengaruh Variasi Bulbous Bow Terhadap Hambatan Total Pada Kapal Katamaran Penyeberangan Kepulauan Seribu Dengan Parameter Non-Linear Menggunakan CFD

*Fajar Aldi Prasetio  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 1 Jan 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Hambatan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi dalam perancangan sebuah kapal. Kapal katamaran merupakan kapal dengan permukaan basah yang kecil segingga mengurangi drag dan meningkatkan stabilitas kapal. Bentuk haluan yang baik akan memberikan efisiensi hambatan yang dihasilkan sehingga operasional kapal dan pergerakan kapal lebih baik dan efisien pula. Perhitungan nilai hambatan kapal saat beroperasi juga penting karena berpengaruh terhadap aliran fluida dan besarnya kecepatan kapal yang diinginkan dan akhirnya berpengaruh pada nilai ekonomis suatu kapal pada saat beroperasi. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bentuk haluan bulbous bow yang menghasilkan hambatan paling kecil dengan menggunakan program computational fluid dynamic (CFD). Dalam melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan program komputer berbasis computational fluid dynamic (CFD) untuk penyelesaian masalah dari tujuan penelitian, Computational fluid dynamic (CFD) merupakan ilmu sains dalam penentuan penyelesaian numerik dinamika fluida. Penelitian dilakukan dengan cara menganalisa dan menghitung hambatan total kapal katamaran menggunakan model 3D serta dilakukan analisa ketinggian gelombang. Berdasarkan hasil analisa menggunakan software Tdyn 13.7.6.0 didapatkan nilai hambatan untuk berbagai variasi bentuk bulbous bow. Nilai hambatan total dapat diperkecil  hingga 15%, nilai ini terjadi pada kecepatan 16 knot pada variasi bulbous bow ABT = 0,211 m2 dan ABL = 0,240 m2.

Keywords: Katamaran; Bulbous bow; hambatan kapal; CFD (Computional Fluid Dynamics)

Article Metrics:

  1. Kracht, Alfred M. 1978. Design of Bulbous Bows. SNAME Transactions vol 86 : 197-217.
  2. Ssongko, Bayu W. 2014. Analisa Pengaruh Variasi Bulbous Bow Terhadap Hambatan Total Pada Kapal Katamaran Untuk Penyeberangan Di Kepulauan Seribu Menggunakan Cfd. Universitas Diponegoro
  3. Utama, I.K.A.P., Jamaluddin, A. dan Aryawan, W.D. 2012.Experimental Investigation Into The Drag Interference Of Symmetrical And Asymmetrical Staggered And Unstaggered Catamarans. Technology to the Wind vol 7 : 47-58.
  4. Harvald, SV. AA. 1983.Resistance And Propulsion Of Ship. New York : A Wiley-Interscience Publication.
  5. Molland, Anthony F., Turnock, Stephen R. and Hudson, Dominic A. 2011.Ship Resistance And Propulsion, Practical Estimation Of Ship Propulsive Power. New York : Cambridge University Press.
  6. Blazek, J. 2001.Computational Fluid Dynamics: Principles And Applications. Oxford : Elsevier Science Ltd.
  7. Kuzmin, Dmitri. Institute of Applied Mathematics, Institute of Applied Mathematics. Introduction to Computational Fluid Dynamics. http://www.mathematik.uni-dortmund.de.