Analisa Peningkatan Performa Seakeeping Pada Kapal Katamaran Mv. Laganbar Menggunakan Centerbulb Dan Bulbous Bow

*Davit Hermanto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
S Samuel  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kemampuan olah gerak kapal (seakeeping) merupakan salah satu aspek penting pada sebuah kapal. Hal itu berkaitan dengan gerakan kapal dalam merespon pengaruh gaya-gaya luar yang bekerja pada kapal. Gerakan ini akan berpengaruh terhadap kenyamanan dan keselamatan sebuah kapal. Dalam upaya meningkatkan kualitas seakeeping pada kapal katamaran, penggunaan centerbulb dan bulbous bow mempunyai pengaruh yang cukup baik. Pada penelitian ini, dilakukan analisa perbandingan variasi penggunaan centerbulb dan tipe bulbous bow terhadap seakeeping dengan menggunakan tiga tipe bulbous bow yaitu tipe – Δ (Delta Type), tipe – 0 (Ellips Type), dan tipe – V (Nabla Type). Pemodelan dilakukan dengan menggunakan Maxsurf dan kemudian dilakukan analisa gerakan menggunakan metode Hydrodinamic Diffraction. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kapal dengan penambahan bulbous bow tipe – V (nabla) dan centerbulb di bagian tengah mempunyai respon yang paling baik dan dapat mengurangi respon percepatan gerak vertical sebesar 78,98% pada Fn 0,28, 88,91% pada Fn 0,47 dan 86,23% pada Fn 0,65, serta respon gerakan pitch sebesar 97,72% pada Fn 0,28, 94,56% pada Fn 0,47 dan 97,06% pada Fn 0,65 yang memenuhi standar kriteria seakeeping untuk kapal ikan.

Keywords: Seakeeping; Katamaran; Centerbulb; Bulbous Bow

Article Metrics:

  1. P. Adi and Amiajdi, “Analisa Penerapan Bulbous Bow pada Kapal Katamaran untuk Meningkatkan Efisiensi Pemakaian Bahan Bakar,” Pomits, vol. 3, p. hal 13–18, 2013.
  2. P. Manik, “Analisa gerakan seakeeping kapal pada gelombang reguler,” Kapal, vol. 4, pp. 1–10, 2007.
  3. K. Seo, C. Lee, M. Altar, G. Lee, and O.-S. Gim, “Analysis on the Pitch Response Spectra of a Catamaran with Bulb,” Navig. Port Res., vol. 37, no. 5, pp. 481–486, 2013.
  4. A. M. Kracht, “Design of Bulbous Bows,” in SNAME Transactions VOL. 86, 1978, p. hal 197–217.
  5. Harnita, “Studi Pengaruh Bentuk Bulbous Bow Terhadap Tahanan Kapal Layar Motor Tradisional Melalui Uji Model,” Univ. Hasanuddin, 2011.
  6. D. B. Danışman, “Reduction of demi-hull wave interference resistance in fast displacement catamarans utilizing an optimized centerbulb concept,” Ocean Eng., vol. 91, pp. 227–234, 2014.
  7. M. Iqbal and G. Rindo, “Optimasi bentuk demihull kapal katamaran untuk meningkatkan kualitas seakeeping,” Kapal, vol. 12, pp. 19–24, 2015.
  8. R. Bhattacharya, Dynamics of Marine Vehicles. New York: John Wiley & Sons, 1978.
  9. AQWA User Manual.2012
  10. C. L. Siow, J. Koto, H. Yasukawa, A. Matsuda, D. Terada, C. G. Soares, A. Incecik, and M. A. G. Pauzi, “Mooring Effect on Wave Frequency Response of Round Shape FPSO,” Teknologi, vol. 5, pp. 59–68, 2015.
  11. M. Tello, S. Ribeiro E Silva, and C. Guedes Soares, “Seakeeping performance of fishing vessels in irregular waves,” Ocean Eng., vol. 38, no. 5–6, pp. 763–773, 2011.
  12. Samuel, Iqbal, M and I.K.A.P Utama, “An Investigation Into The Resistance Components OF Converting A Traditional Monohull Fishing Vessel Into Catamaran Form,” Int. J. Technol., 2015.