STUDI KARAKTERISTIK BUCKLING PADA KOLOM CRANE KAPAL FLOATING LOADING FACILITY (FLF) BERBASIS FINITE ELEMENT METHOD (FEM)

*Ihsan Aldi Prasetyo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Indonesia
Published: 1 Oct 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Floating Loading Facility (FLF) digunakan untuk pemindahan muatan curah seperti batu bara dari kapal tongkang ke kapal bulk carrier. Peralatan utama dan paling penting pada Floating Loading Facility (FLF) adalah crane. Spesifikasi crane yang dibutuhkan harus sesuai dengan beban yang akan diangkut, dalam hal ini bagian kolom crane adalah bagian yang perlu diperhatikan karena bisa terjadi kegagalan struktur dibagian tersebut. Kolom merupakan suatu elemen struktur tekan yang memegang peranan penting dari suatu bangunan, sehingga keruntuhan pada suatu kolom merupakan lokasi kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya lantai yang bersangkutan dan juga runtuh total seluruh struktur. Dan salah satu kegagalan struktur yang sering terjadi pada kolom adalah buckling atau tekuk. Pada penelitian ini kolom crane di variasikan menggunakan profil dan tidak menggunakan profil serta perbandingan penguat dengan menggunakan momen bending pada kondisi yang berbeda-beda. Buckling dianalisa menggunakan metode elemen hinga dengan mempertimbangkan sifat material pada kolom, yaitu elastis dan elasto-plastis, serta deformasi yang terjadi. Kolom dengan profil menghasilkan momen buckling tertinggi 5,33x108 tetapi untuk nilai deformasinya masih lebih besar dibanding kolom yang menggunakan profil dan penguat. Nilai kekuatan pada analisa elastis lebih besar dari nilai kekuatan pada analisa elasto-plastis.

Keywords: Floating Loading Facility; Kolom Crane; Buckling; Deformasi; Elasto-Plastis; Profil

Article Metrics: