BibTex Citation Data :
@article{JTP14784, author = {Muhammad Malik and Parlindungan Manik and Muhammad Iqbal}, title = {PENGEMBANGAN DESAIN GEOMETRI LUNAS BILGA UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA KAPAL IKAN TRADISIONAL (STUDI KASUS KAPAL TIPE KRAGAN)}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {4}, number = {4}, year = {2016}, keywords = {Lunas Bilga; Geometri; Hambatan; Stabilitas; Olah Gerak}, abstract = { Terdapat banyak sekali jenis kapal ikan tradisional yang ada di Republik Indonesia, salah satunya yaitu kapal ikan tradisional di daerah Kragan di Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah. Memiliki ciri khas dengan lunas bilga yang terpasang pada kedua sisi lambung kapal, yang dipercaya oleh warga setempat untuk menjadikan kapal memiliki stabilitas yang baik. Sehingga penulis ingin mengetahui performa kapal ikan tipe kragan yang terdiri dari hambatan, stabilitas, dan olah gerak dengan melakukan variasi geometri lunas bilga dengan patokan dari radius bilga kapal yang direkomendasikan penelitian sebelumnya. Adapun tahapan yang dilalui untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan beberapa software perkapalan yang terintegrasi. Pada awalnya adalah pembuatan model menggunakan Rhinoceros dengan geometri lunas bilga yang berbentuk trapesium, segitiga, foil, dan bulb. Selain itu, model tanpa lunas bilga dan model yang direkomendasikan penelitian sebelumnya juga dibuat untuk mengkomparasikan hasil variasi geometri yang dilakukan penulis. Kemudian dilakukan analisa hambatan menggunakan Fluid Flow (CFX), analisa stabilitas menggunakan Maxsurf Stability , dan analisa olah gerak menggunakan Hydrodynamic Diffraction . Hasil penelitian ini menunjukkan nilai hambatan pada Model 4 menghasilkan hambatan 3,648% lebih baik dari model existing . Nilai stabilitas terbaik didapatkan pada Model 4 dengan nilai GZ maksimum 2,79 m, dan nilai olah gerak pada Model 4 menghasilkan nilai RMS of roll 4,420% lebih baik dari model existing pada gelombang 125 o . }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/14784} }
Refworks Citation Data :
Terdapat banyak sekali jenis kapal ikan tradisional yang ada di Republik Indonesia, salah satunya yaitu kapal ikan tradisional di daerah Kragan di Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah. Memiliki ciri khas dengan lunas bilga yang terpasang pada kedua sisi lambung kapal, yang dipercaya oleh warga setempat untuk menjadikan kapal memiliki stabilitas yang baik. Sehingga penulis ingin mengetahui performa kapal ikan tipe kragan yang terdiri dari hambatan, stabilitas, dan olah gerak dengan melakukan variasi geometri lunas bilga dengan patokan dari radius bilga kapal yang direkomendasikan penelitian sebelumnya. Adapun tahapan yang dilalui untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan beberapa software perkapalan yang terintegrasi. Pada awalnya adalah pembuatan model menggunakan Rhinoceros dengan geometri lunas bilga yang berbentuk trapesium, segitiga, foil, dan bulb. Selain itu, model tanpa lunas bilga dan model yang direkomendasikan penelitian sebelumnya juga dibuat untuk mengkomparasikan hasil variasi geometri yang dilakukan penulis. Kemudian dilakukan analisa hambatan menggunakan Fluid Flow (CFX), analisa stabilitas menggunakan Maxsurf Stability, dan analisa olah gerak menggunakan Hydrodynamic Diffraction. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai hambatan pada Model 4 menghasilkan hambatan 3,648% lebih baik dari model existing. Nilai stabilitas terbaik didapatkan pada Model 4 dengan nilai GZ maksimum 2,79 m, dan nilai olah gerak pada Model 4 menghasilkan nilai RMS of roll 4,420% lebih baik dari model existing pada gelombang 125o.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License