ANALISA KELELAHAN RANTAI JANGKAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

*Muhamad Hizrian Hutama  -  Departemen Teknik Perkapalan, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Indonesia
Published: 1 Jul 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Jangkar didesain untuk membatasi gerak kapal pada saat waktu labuh di pelabuhan ataupun di laut lepas, agar kapal tetap pada kedudukannya meskipun mendapatkan gaya dari luar (angin,arus,gelombang) maupun gaya dari dalam (muatan) yang terjadi secara berulang ulang pada saat anchoring maupun saat proses loading-offloading muatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kelelahan rantai yang menghubungkan antara jangkar dan kapal dengan 4 variasi beban lingkungan yang diakibatkan oleh heaving serta beban internal kapal dan beban hidrostatik sehingga didapatkan nilai fatigue life dari rantai tersebut dengan  Finite Element Method (FEM). Analisa yang digunakan adalah analisa beban dinamis yang merupakan beban maksimal, beban minimal, beban rata-rata dan beban amplitudo. Berdasarkan beban tersebut didapatkan stress maksimal sebesar 681 Mpa, stress minimal 89,9 Mpa, stress rata-rata 385 Mpa dan stress amplitudo sebesar 298 Mpa, yield strength material yang dipakai sebesar 760 Mpa.  Dalam proses analisa penelitian ini menggunakan  software MSC Nastran Patran untuk mendapatkan tegangan dari variasi beban dan MSC Fatigue untuk mendapatkan siklus terpendek dari 4 variasi tegangan dinamis tersebut, didapatkan hasil life cycle paling kritis sebanyak 7,24x103 cycle.

Keywords: Rantai Jangkar; Heaving; Analisa Kelelahan; FEM; Fatigue Life

Article Metrics: