KAJIAN TEKNIK KEKUATAN KONSTRUKSI KAPAL TUGBOAT 2 x 800 HP DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

*Lestari Damanik  -  Jurusan Teknik Perkapalan, , Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Jurusan Teknik Perkapalan, , Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Jurusan Teknik Perkapalan, , Indonesia
Published: 1 Jan 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Kapal TugBoat 2 x 800 HP adalah tipe kapal tunda (Tugboat) yang beroperasi pada wilayah perairan Jakarta yang dapat dioperasikan di Pelabuhan, Pelayaran Pantai dan cocok untuk kegiatan penundaan kapal dengan fungsi menarik, mendorong dan menggandeng serta dapat digunakan untuk kegiatan SAR bahkan untuk penanggulangan tumpahan minyak baik di laut ataupun di area pelabuhan. Adanya beban tarik terhadap maindeck kapal Tugboat mengakibatkan terjadinya distribusi tegangan pada daerah sekitar towing hook dan towing winch yang dapat menimbulkan banyak masalah seperti kerusakan, deformasi, keretakan, dll. Sehingga dilakukan analisa local stress dengan bantuan program numerik finite element method (FEM) pada daerah yang mengalami tegangan tersebut. Analisa yang digunakan adalah analisa beban statis yang berasal dari gaya tarik kapal Tugboat. Analisa tersebut bertujuan untuk mengetahui karakteristik tegangan dan nilai tegangan terbesar dari konstruksi kapal Tugboat serta mengetahui letak titik kritis pada kapal Tugboat berdasarkan empat variasi kondisi pembebanan kapal Tugboat yaitu light weight barge, light weight barge + dead weight barge, sagging (full load), dan hogging (full load). Adapun hasil analisa dan perhitungan nilai tegangan tertinggi dengan kajian pressure yang terjadi saat kapal Tugboat melakukan gerakan menarik adalah saat pembebanan full load kondisi kapal sagging yakni sebesar 78,30 N/mm2 yang terletak pada frame 15. Sedangkan untuk nilai pembebanan light weight barge sebesar 35,20 N/mm2, pembebanan full load sebesar 77,80 N/mm2 ,dan pembebanan full load kondisi hogging sebesar 77,70 N/mm2. Dari hasil nilai tegangan yang didapatkan, disimpulkan bahwa semua nilai tegangan yang terjadi pada kapal Tugboat masih memenuhi safety factor, baik safety factor menurut kriteria bahan (400 N/mm2) maupun safety factor (195,05 N/mm2) standart BKI, dimana nilai FS > 1 (aman).
Keywords: Tug Boat; Light Weight Barge; Dead Weight Barge; Sagging; Hogging; Metode Elemen Hingga

Article Metrics: