skip to main content

ANALISA KEKUATAN MODIFIKASI MAIN DECK AKIBAT PENGGANTIAN MOORING WINCH PADA KAPAL ACCOMODATION WORK BARGE 5640 DWT DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

*M Yaqut Zaki Aji  -  Jurusan Teknik Perkapalan, , Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Jurusan Teknik Perkapalan, , Indonesia
Hartono Yudo  -  Jurusan Teknik Perkapalan, , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Accomodation Work Barge atau disingkat AWB merupakan jenis kapal tongkang kerja yang tidak memiliki alat penggerak sendiri yang prinsipnya sebagai tempat akomodasi bagi karyawan perusahaan yang bergerak dibidang pengeboran minyak lepas pantai maupun perusahaan yang bergerak dibidang kemaritiman. Accommodation Work Barge dimodifikasi karena terjadi perubahan operasi pelayaran kapal dari perairan dangkal ke perairan dalam, hal tersebut mempengaruhi kinerja sistem tambat kapal, untuk mengatasi permasalahan ini maka pada main deck dilakukan penggantian yang sebelumnya terdapat 2 winch single drum dengan kapasitas beban 20 ton pada tiap winch menjadi 1 winch double drum dengan kapasitas 40 ton. Hal tersebut tentunya amat berpengaruh pada kontruksi main deck, karena adanya perubahan beban yang diterima main deck maka modulus pada main deck juga mengalami perubahan. Selanjutnya dilakukan analisa local stress dengan bantuan program numerik Fifnite Element Methode (FEM). Analisa tersebut bertujuan untuk mengetahui karakteristik tegangan dan nilai tegangan terbesar dari konstruksi maindeck serta mengetahui letak titik kritis pada kontruksi maindeck, berdasarkan 4 variasi kondisi pembebanan yaitu beban winch load, beban operasional tarik winch , sagging, dan hogging. Hasil analisa dan perhitungan yang dilakukan didapatkan nilai tegangan tertinggi sebelum dilakukan modifikasi main deck dengan beban winch pada main deck 200 kN/m2 terjadi pada beban tarik winch sebesar 65,1 N/mm2 (frame 149), sedangkan setelah dilakukan modifikasi main deck dengan beban winch pada main deck 261 kN/m2 terjadi pada beban tarik winch sebesar 56,3 N/mm2 (frame 149), dari hasil nilai tegangan yang didapatkan, disimpulkan bahwa semua nilai tegangan yang terjadi pada maindeck masih memenuhi safety factor, baik safety factor menurut kriteria bahan 235 N/mm2 maupun safety factor standar BKI 190 N/mm2.
Fulltext View|Download
Keywords: Accomodation Work Barge; Main deck; Mooring Winch; Metode Elemen Hingga

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.