ANALISA PERAWATAN SISTEM DISTRIBUSI MINYAK LUMAS BERBASIS KEANDALAN PADA KAPAL KM.BUKIT SIGUNTANG DENGAN PENDEKATAN RCM (RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE)

*Relinton B Manalu  -  Jurusan Teknik Perkapalan, , Indonesia
Untung Budiarto  -  Jurusan Teknik Perkapalan, , Indonesia
Hartono Yudo  -  Jurusan Teknik Perkapalan, , Indonesia
Published: 1 Jan 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Sistem Pelumasan KM Bukit Siguntang adalah salah satu sistem yang sangat penting untuk kelancaran pengoperasian kapal disamping sistem lainnya. Kegagalan pada sistem minyak pelumasan menyebabkan sistem tidak beroperasi semestinya dan menyebabkan kegagalan pada mesin induk, jadi dapat menyebabkan kerugian yang besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa sistem pelumasan dengan menggunakan metode keandalan.
Untuk menganalisa sistem tersebut menggunakan analisa kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dengan menggunakan failure mode and effect analysis(FMEA) dan Fault Tree Analysis(FTA). Analisis kuantitatif dengan menggunakan metode simulasi montecarlo.
Hasil dari penelitian ini menunjukan, beberapa komponen seperti filter,transfer pump,LO pump,separator,lo cooler,lo purifier, dan tanki mengalami failure. Hasil dari simulasi menunjukan angka Avaibility sebesar 0,88 dan MTTFF(Mean Time To First Failure) adalah 4444,185 jam. Simulasi menggunakan beberapa skenario,, yang menunjukan bahwa nilai avaibility dari sistem mengalami penurunan jika seluruh komponen standby mengalami kegagalan yang memiliki nilai avaibility sebesar 0,702.
Keywords: Reliability; FMEA; FTA; Monte Carlo Simulation; Avaibility

Article Metrics: