ANALISA PERAWATAN BERBASIS KEANDALAN PADA FUEL OIL SYSTEM KM. BUKIT SIGUNTANG DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM)

*Martinus Arfendo Waroy  -  Jurusan Teknik Perkapalan, , Indonesia
Untung Budiarto  -  Jurusan Teknik Perkapalan, , Indonesia
Kiryanto Kiryanto  -  Jurusan Teknik Perkapalan, , Indonesia
Published: 1 Jan 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Meningkatnya jumlah kapal yang beroperasi menuntut pemilik untuk meningkatkan ketersediaan kapal. Salah satu cara untuk meningkatkan ketersediaan kapal adalah meningkatkan keandalan melalui upaya perawatan. Jika perawatan tidak dilakukan secara berkelanjutan, akan ada penurunan kinerja pada salah satu sistem kapal dan dapat berdampak ke sistem lainnnya. Salah satu sistem yang kritis dari sistem pendukung motor induk kapal adalah fuel oil system. Oleh karena itu untuk mengantisipasi kegagalan pada fuel oil system ini dapat dilakukan dengan cara analisa keandalan. Pelaksanaannya dengan cara mengidentifikasi bagaimana fuel oil system tersebut dapat mengalami kegagalan dan konsekuensi dari kejadian tersebut. Analisis sistem menggunakan metode analisa kualitatif dan kuantitatif. Analisia kualitatif dilakukan dengan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Analisis kuantitatif dilakukan dengan simulasi Monte Carlo. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kekritisan dan probabilitas kegagalan pada sistem bahan bakar yaitu filter. Pada Simulasi diperoleh nilai ketersediaan sebesar 0,91 dan nilai MTTFF (Mean Time to First Failure) sebesar 4570,9555 jam. Dengan melakukan simulasi sistem dalam beberapa skenario,dapat dilihat ketersediaan sistem akan mengalami penurunan jika semakin banyak komponen standby mengalami kegagalan.
Keywords: Ketersediaan; Keandalan; RCM; FMEA; FTA.

Article Metrics: