ANALISA TEKNIS DAN EKONOMIS KAPAL NELAYAN TRADISIONAL TYPE OUTBOARD ENGINE SETELAH PENAMBAHAN MESIN PENARIK BUBU DI PERAIRAN REMBANG

*Rio Wiendargo Y.S  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia
Wilma Amiruddin  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Line Hauler adalah salah satu jenis alat yang membantu nelayan dalam menarik alat tangkap. Penggunaan mesin penarik  line hauler bagi nelayan tradisional di Rembang termasuk teknologi yang masih baru, terutama bagi nelayan pencari kepiting rajungan sehingga penulis ingin mengetahui stabilitas, olah gerak dan nilai ekonomis dari penambahan mesin bantu penarik bubu tersebut. Penulis menggunakan beberapa software perkapalan untuk menganalisa stabilitas dan olah gerak kapal. Pada awalnya adalah pembuatan model kapal yang akan dianalisa dengan rencana garis yang sudah ada, kemudian dilakukan analisa stabilitas dan analisa olah gerak pada software perkapalan lainnya dengan tools import. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisa yang mengacu pada aturan IMO (International Maritime Organization) dengan Code A.749(18). Hasil analisa teknis secara keseluruhan memenuhi standart kriteria yang ditetapkan oleh IMO. Analisa stabilitas menggunakan aturan IMO Code A.749(18). Untuk analisa Olah Gerak secara keseluruhan memenuhi standart kriteria Seakeeping Tello 2009 pada semua kondisi yang telah ditentukan.
Keywords: Kapal Ikan; Stabilitas; Heaving; Pitching; Rolling

Article Metrics: