skip to main content

EFEKTIVITAS KRIM ALMOND OIL 4% TERHADAP TINGKAT KELEMBAPAN KULIT

*Christian Tricaesario  -  , Indonesia
Retno Indar Widayati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar belakang : Kelembapan kulit merupakan kadar air yang berada di dalam kulit, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor endogen dan eksogen. Banyak pelembap menggunakan bahan sintetik untuk menjaga kelembapan kulit sedangkan bahan sintetik ini memiliki efek samping. Salah satu bahan alami yang dipercaya dapat melembapkan kulit dan menggantikan bahan-bahan tersebut adalah almond oil yang bersifat oklusif dan emolien.
Tujuan : Mengetahui efektivitas dari krim almond oil 4% terhadap tingkat kelembapan kulit
Metode : Perubahan tingkat kelembapan kulit subjek penelitian antara sebelum dan sesudah 28 hari pemakaian krim pelembap yang mengandung almond oil 4% dibandingkan dengan perubahan pada subjek yang memakai krim pelembap tanpa almond oil 4% sebagai kelompok kontrolnya. Penelitian eksperimental dengan pre-test and post-test control group design ini terdiri dari 29 subjek dimana lengan bawah kanan berlaku sebagai kelompok perlakuan dan lengan bawah kiri sebagai kelompok kontrol. Uji statistik menggunakan uji Mann-Whitney, uji Wilcoxon, dan uji Kruskal-Wallis.
Hasil : Sebanyak 13 orang (44.8%) dalam kelompok perlakuan tidak mengalami perubahan tingkat kelembapan kulit dan 16 orang lainnya (55.2%) mengalami kenaikan tingkat kelembapan kulit, sedangkan dalam kelompok kontrol hanya 4 orang (13.8%) yang mengalami peningkatan kelembapan kulit. Didapatkan perbedaan bermakna (p<0.001) tingkat kelembapan kulit kelompok perlakuan pada pre-test dan post-test. Terdapat perbedaan bermakna (p=0.001) perubahan kelembapan kulit pada kelompok kontrol dan perlakuan.
Kesimpulan : Krim almond oil 4% efektif meningkatkan kelembapan kulit.
Fulltext View|Download
Keywords: Kelembapan Kulit; Almond Oil; Pelembap; Oklusif; Emolien

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.