skip to main content

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS SATU PAKET PROGRAM TERAPI SWD DAN TENS TERHADAP PENGURANGAN NYERI PADA PASIEN LOW BACK PAIN MEKANIK

*Adventina Silalahi  -  , Indonesia
Tanti Ajoe Koesoma  -  , Indonesia
Ani Margawati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Low Back Pain (LBP) merupakan salah satu keluhan paling sering dijumpai yang menyebabkan disabilitas untuk melakukan kegiatan sehari-hari. LBP juga merupakan salah satu keluhan muskuloskeletal yang paling umum dijumpai pada populasi orang dewasa. Terdapat berbagai macam modalitas terapi fisik untuk mengurangi nyeri, diantaranya adalah terapi Short Wave Diatermy (SWD) dan Trancutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS). Terapi tersebut terbukti bermanfaat dan menjadi terapi yang sering digunakan di RSUP Dr.Kariadi Semarang.
Tujuan : Mengetahui efek pengurangan nyeri pada penderita LBP Mekanik yang mendapat satu paket program terapi SWD dan TENS yang dirujuk ke instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Dr.Kariadi Semarang.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian di bidang Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan data sekunder (Rekam medik pasien). Subjek penelitian adalah pasien penderita LBP mekanik di Poliklinik Rehabilitasi Medik RSUP Dr.Kariadi Semarang.
Hasil : Ada pengurangan intensitas nyeri secara bermakna sebelum dan sesudah terapi TENS (p = 0,000). Begitu juga pasien dengan terapi SWD, terjadi pengurangan intensitas nyeri secara bermakna sebelum dan sesudah terapi ( p = 0,000 ). Tidak terdapat perbedaan rerata selisih nilai Visual Analogue Scale (VAS) yang bermakna antara pasien LBP mekanik yang mendapatkan terapi TENS dangan pasien LBP mekanik yang mendapatkan terapi SWD (p = 0,109 ).
Kesimpulan : Satu paket program terapi TENS sama efektifnya dengan satu paket program terapi SWD untuk mengurangi nyeri pada pasien dengan LBP mekanik.
Fulltext View|Download
Keywords: Low Back Pain (LBP) Mekanik, Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS), Short Wave Diathermy (SWD)

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.