BibTex Citation Data :
@article{JTM54269, author = {Muhammad Darmawan and Munadi Munadi and Ismoyo Haryanto}, title = {ANALISIS STATIK STRUKTUR MOBIL LISTRIK KAMPUS SEBAGAI IMPLEMENTASI TRANSPORTASI RAMAH LINGKUNGAN}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {13}, number = {4}, year = {2025}, keywords = {aisi 1018; analisis statik; finite element analysis; mobil listrik; rangka kendaraan}, abstract = {Perkembangan teknologi kendaraan listrik saat ini menjadi salah satu langkah konkret dalam upaya mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil dan menekan emisi gas buang yang mencemari lingkungan [1]. Penerapan kendaraan listrik di lingkungan kampus merupakan bentuk nyata implementasi transportasi ramah lingkungan, sekaligus sarana edukatif bagi mahasiswa dalam memahami aspek desain dan ketahanan struktur kendaraan. Pada penelitian ini dilakukan analisis statik terhadap struktur rangka mobil listrik kampus menggunakan metode Finite Element Analysis (FEA) berbasis perangkat lunak SolidWorks. Material rangka yang digunakan adalah baja AISI 1018 dengan lima variasi ukuran mesh, yaitu 25 mm, 20 mm, 15 mm, 10 mm, dan 6,5 mm untuk menguji tingkat konvergensi hasil simulasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa tegangan maksimum yang terjadi pada rangka adalah sebesar 55 MPa, deformasi maksimum sebesar 1,35 mm, dan nilai faktor keamanan sebesar 2,4. Perubahan hasil antarvariasi mesh berada di bawah 5%, menandakan bahwa simulasi telah mencapai kondisi konvergen dan hasil dapat dianggap valid. Dengan demikian, rangka mobil listrik kampus ini dinyatakan aman digunakan terhadap pembebanan statik yang diterapkan serta memenuhi kriteria kekuatan dan kekakuan struktural [2].}, issn = {2303-1972}, pages = {63--70} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/54269} }
Refworks Citation Data :
Last update: