skip to main content

ANALISIS TEGANGAN VON’ MISES, DEFORMASI, DAN SAFETY FACTOR PADA RANGKA SEPEDA MOTOR MATIC 110 CC MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

*Faizal Rizky Susilo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Rifky Ismail  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Budi Setiyana  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Rangka sepeda motor merupakan komponen struktural utama yang berfungsi menopang berat kendaraan, pengendara, serta beban dinamis lainnya yang terjadi selama berkendara. Kekuatan dan kekakuan rangka sangat mempengaruhi keamanan serta kenyamanan pengguna. Penelitian ini mengkaji kekuatan struktural rangka sepeda motor kapasitas 110 cc ketika diberi variasi pembebanan, menggunakan pendekatan metode elemen hingga. Simulasi dilakukan pada pembebanan kondisi diam (tidak bergerak). Simulasi yang dilakukan diberikan ke model rangka yang disimulasikan dengan beban sebesar 140 kg. Setelah disimulasikan, didapatkan hasil bahwa nilai deformasi, tegangan von Mises, dan safety factor berturut turut ialah. Dari semua hasil simulasi, nilai safety factor yang mengindikasikan keamanan rangka saat diberikan beban semuanya berada diangka lebih dari satu yang dapat diartikan bahwa rangka ini kokoh dan aman ketika digunakan pada kondisi seperti simulasi yang telah dilakukan.

Fulltext View|Download
Keywords: deformasi; faktor keamanan; rangka sepeda motor 110 cc; tegangan von mises
  1. Febritasari, R., Reza Agus Santoso, M., Arif Sutrisno, T., Adityo Pohan, G., Rahmadianto, F., Hari Prasawanto, D., Nani Prohatmi, T., & Yohanes Setyawan, E. (n.d.). Analisis Distribusi Tegangan Dan Deformasi Pada Rangka Motor Trail Dengan Metode Elemen Hingga
  2. Hastuti, S., Ramadhani, W., & Mulyaningsih, N. (n.d.). ANALISIS KEKUATAN PADA RANGKA SEPEDA MOTOR LISTRIK DENGAN METODE ELEMEN HINGGA. In Jurnal Foundry: Politeknik Manufaktur Ceper 1 Jurnal Foundry (Vol. 5, Issue 2)
  3. Foysal Arnob, F., Shahnewaz Khan, M., & Humayun Kabir Bhuiyan, M. (2022). Design, Fabrication and Analysis of Chassis for Electric Bike
  4. Joseph Edward Shigley. (2015). Mechanical Engineering Design Tenth Edition
  5. Mott, R. L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan Mekanis. Edisi ke-4. Yogyakarta: Penerbit Andi
  6. Ridho Sofyandi, M., Kurniawan, E., & Aldrian Wicaksono, R. (2022). Rancang Bangun 3D Scanner Sebagai 3D Metrologi Dengan Metode Fotogrametri Rentang Dekat (Vol. 3, Issue 1)
  7. Jelani, K. M., Razip, M. H. M., Nazri, N. A., Sani, M. S. M., & Yasar, M. (2019). Dynamics investigation on motorcycle chassis based on Finite Element (FE) modelling and updating. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 469(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/469/1/012103
  8. Kriswanto, dan W. Widayat. 2015. Bahan Ajar Elemen Mesin. Semarang: UNNES
  9. Wong, J. Y. (2001). Theory of ground vehicles. Wiley
  10. Cossalter, V. (2002). Motorcycle Dynamics Second Edition

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.