skip to main content

ANALISIS KEGAGALAN SAMBUNGAN LAS PADA UPPER STUCTURE BUS LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

*Andi Rafly Santosa  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ojo Kurdi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Gunawan Dwi Haryadi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perkembangan kendaraan listrik sebagai solusi transportasi ramah lingkungan menuntut inovasi pada struktur rangka kendaraan, termasuk bus listrik. Salah satu tantangan krusial dalam konstruksi rangka adalah kualitas sambungan las, terutama pada struktur atas (upper structure) yang memengaruhi integritas dan keselamatan kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegagalan sambungan las dengan pendekatan eksperimental dan simulasi numerik menggunakan metode elemen hingga (Finite Element Method/FEM). Pengujian dilakukan pada material stainless steel dengan ketebalan 3 mm, menggunakan elektroda ER 70S-6 dan variasi kuat arus pengelasan sebesar 90A, 100A, dan 110A. Parameter yang diuji meliputi kekuatan tarik maksimum, regangan, serta modulus elastisitas, yang diukur melalui uji tarik standar ASTM E8/8M. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variasi kuat arus memengaruhi signifikan terhadap kekuatan mekanik sambungan. Kuat arus 100A memberikan hasil kekuatan tarik tertinggi sebesar 374,29 MPa, sedangkan arus 90A menghasilkan modulus elastisitas tertinggi sebesar 14.291,83 N/mm². Analisis numerik dengan FEM melalui perangkat lunak Ansys Workbench digunakan untuk memvalidasi hasil eksperimental. Model simulasi dibangun berdasarkan spesimen uji tarik dan memberikan gambaran tegangan maksimum serta deformasi akibat beban tarik. Validasi hasil FEM terhadap data eksperimental menunjukkan korelasi yang baik dan memperkuat keandalan pendekatan numerik sebagai alat prediktif dalam desain sambungan las. Penelitian ini menegaskan pentingnya pengaturan parameter pengelasan, khususnya variasi arus, dalam mendesain sambungan las struktural pada bus listrik. Hasilnya diharapkan menjadi referensi dalam pengembangan teknik pengelasan yang optimal dan meningkatkan keselamatan serta efisiensi produksi kendaraan listrik.

Fulltext View|Download
Keywords: kekuatan tarik; metode elemen hingga; pengaruh kuat arus pengelasan; rangka bus; stainless steel
  1. Gustomo, G., & Anis, S. (2020). ANALISIS KEKUATAN RANGKA BODI BUS LISTRIK MD12E PERSEROAN TERBATAS MOBIL ANAK BANGSA DENGAN METODE ELEMEN HINGGA. 9(1), 1–5
  2. Putri, L. W., Fitrianto, A. R., Islam, U., Sunan, N., & Surabaya, A. (2023). DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI DARI PERUBAHAN TRANSPORTASI : PERAN BUS LISTRIK DALAM MENCIPTAKAN. 14(November)
  3. LEE, T. Y. K. and S. H. (2012). Combustion and Emission Characteristics of Wood Pyrolysis Oil-Butanol Blended Fuels in a Di Diesel Engine. International Journal of …, 13(2), 293–300. https://doi.org/10.1007/s12239
  4. Karimi, M. (2023). Issue 1 Citation M. Karimi*. Review of Steel Material Engineering and Its Application in Industry. J. Eng. Ind. Res, 4(1), 61–67
  5. Studi, P., Industri, T., Putera, U., Soeprapto, J. R., Kuning, M., & Riau, K. (2018). KEKUATAN TARIK DAN KEKERASAN SAMBUNGAN LAS PLATE Email : aaddinugroho@gmail.com Jurnal Rekayasa Sistem Industri. 3(2), 134–142
  6. Zulfadly, Z., & Ghony, M. A. (2022). Variasi Ampere Terhadap Kekuatan Tarik Pada Hasil Pengelasan Dengan Posisi Down Hand. Hexatech: Jurnal Ilmiah Teknik, 1(01), 39–50. https://doi.org/10.55904/hexatech.v1i01.75
  7. Pandya, D., Badgujar, A., & Ghetiya, N. (2021). A novel perception toward welding of stainless steel by activated TIG welding: a review. Materials and Manufacturing Processes, 36(8), 877–903. https://doi.org/10.1080/10426914.2020.1854467
  8. Sheykhi, M. M., & Mostafaei, M. A. (2024). Optimizing weld strength and microstructure in CP-titanium and 304 stainless steel friction welds with chromium interlayer. Results in Materials, 24(April), 100627. https://doi.org/10.1016/j.rinma.2024.100627
  9. Antamba, J., Azanza, V., Reyes, G., Remache, Á., & Ruiz, S. (2020). Manufacture material characteristic analysis of original and alternative auto parts. Case Study: Brake Disc. Enfoque UTE, 11(3), 102–110. https://doi.org/10.29019/enfoqueute.v11n3.631
  10. Li, Li, et al. “Studies on Modification of Polyamide 6 Plastics for Hydrogen Storage.” Polymers, vol. 17, no. 4, 18 Feb. 2025, pp. 523–523, https://doi.org/10.3390/polym17040523. Accessed 19 Apr. 2025

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.