skip to main content

ANALISIS KEKUATAN SAMBUNGAN LAS PADA SIDE FRAME BOGIE KERETA API DENGAN VARIASI KUAT ARUS PENGELASAN MEMAKAI METODE ELEMEN HINGGA

*Muhammad Rizky Hidayat  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ojo Kurdi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Achmad Widodo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Side frame merupakan komponen penting dalam sistem bogie kereta api yang berfungsi untuk menahan beban dan memberikan stabilitas. Kualitas sambungan las pada side frame sangat mempengaruhi kekuatan dan umur pakai struktur rangka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tegangan sambungan las pada side frame kereta dengan metode elemen hingga (Finite Element Method/FEM) menggunakan variasi arus pengelasan. Uji tarik dilakukan terhadap spesimen hasil las dengan arus 180A, 200A, 220A, dan 240A. Data hasil uji tarik dimasukkan ke dalam simulasi FEM menggunakan perangkat lunak ANSYS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi arus berpengaruh terhadap tegangan maksimum, deformasi, dan faktor keamanan sambungan las. Arus 200A memberikan performa sambungan terbaik berdasarkan hasil uji tarik dan simulasi FEM.

Fulltext View|Download
Keywords: ansys; fem; sambungan las; side frame; sm490; uji tarik
  1. Pasau, A., dkk. (2023). Teknik Pengelasan Industri Modern
  2. EN 13749. Railway Applications – Structural Requirements of Railway Vehicle Bodies
  3. Sulamet-Ariobimo, et al. (2016). Analisis Sifat Material Baja SM490 untuk Struktur Kereta
  4. Zulfadly, A. & Ghony, A. (2022). Studi Pengelasan SMAW dan GMAW pada Baja Struktural
  5. Sheykhi, M. & Mostafaei, M. (2024). Welding Parameter Effect on Steel Alloys
  6. ASTM E8/E8M-13. Standard Test Methods for Tension Testing of Metallic Materials
  7. Logan, D. (2011). A First Course in the Finite Element Method
  8. Budi Sitorus, et al. (2024). Transportasi Massal Ramah Lingkungan
  9. Kurniadi, A. (2024). Desain Bogie dan Side Frame untuk Kereta Listrik KCI
  10. Mahendra, A. Y., & Rahmat, H. (2022). Evaluasi tegangan von Mises dan faktor keamanan struktur side frame kereta api dengan pembebanan statik dan dinamik. Jurnal Transportasi Rel, 4(3), 56–66

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.