BibTex Citation Data :
@article{JTM53241, author = {Mochamad Nugroho and Ojo Kurdi and Achmad Widodo}, title = {ANALISIS KEKUATAN SAMBUNGAN LAS BAJA SS400 PADA SIDE FRAME BOGIE KERETA API AKIBAT VARIASI KECEPATAN PENGELASAN DENGAN PENDEKATAN UJI TARIK DAN SIMULASI METODE ELEMEN HINGGA}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {13}, number = {3}, year = {2025}, keywords = {fem; gmaw; kecepatan las; sambungan las; side frame; ss400}, abstract = { Penelitian ini menganalisis pengaruh variasi kecepatan las terhadap tegangan sambungan las butt joint pada side frame kereta berbahan SS400 menggunakan metode elemen hingga. Pengelasan dilakukan dengan metode GMAW dan filler ER70S-6 pada kecepatan 10–30 cm/menit, lalu diuji tarik sesuai ASTM E8 untuk memperoleh sifat mekanik. Data ini digunakan dalam simulasi ANSYS dengan empat kondisi pembebanan: statik, maju, pengereman, dan menikung. Hasil menunjukkan kecepatan 20 cm/menit memberikan performa terbaik berdasarkan tegangan Von Mises dan faktor keamanan, serta sambungan mampu menahan beban kerja selama tegangan tidak melebihi batas luluh material. }, issn = {2303-1972}, pages = {265--268} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/53241} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini menganalisis pengaruh variasi kecepatan las terhadap tegangan sambungan las butt joint pada side frame kereta berbahan SS400 menggunakan metode elemen hingga. Pengelasan dilakukan dengan metode GMAW dan filler ER70S-6 pada kecepatan 10–30 cm/menit, lalu diuji tarik sesuai ASTM E8 untuk memperoleh sifat mekanik. Data ini digunakan dalam simulasi ANSYS dengan empat kondisi pembebanan: statik, maju, pengereman, dan menikung. Hasil menunjukkan kecepatan 20 cm/menit memberikan performa terbaik berdasarkan tegangan Von Mises dan faktor keamanan, serta sambungan mampu menahan beban kerja selama tegangan tidak melebihi batas luluh material.
Last update: