BibTex Citation Data :
@article{JTM53176, author = {Muhammad Farel and Toni Prahasto}, title = {OPTIMALISASI DESIGN CHASSIS LADDER FRAME DUMP TRUCK MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {13}, number = {3}, year = {2025}, keywords = {chassis ladder frame; deformasi; dump truck; metode elemen hingga; tegangan von-mises}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan desain chassis ladder frame dump truck menggunakan metode elemen hingga dengan perangkat lunak ANSYS 2024. Dua desain dengan variasi ketebalan plat dan jumlah cross member dianalisis untuk mengetahui pengaruhnya terhadap deformasi, tegangan von-Mises, dan safety factor. Model 3D dibuat dengan SolidWorks 2022 dan dianalisis secara statik menggunakan beban vertikal 48.000 kg. Hasil menunjukkan bahwa desain pertama menghasilkan deformasi 10,477 mm dan tegangan von-Mises 890,6 MPa dengan safety factor 0,73231, yang melebihi batas aman material. Sebaliknya, desain kedua menunjukkan performa lebih baik dengan deformasi 7,3156 mm, tegangan von-Mises 366,57 MPa, dan safety factor 1,7792. Oleh karena itu, desain kedua direkomendasikan untuk diterapkan karena menawarkan kekakuan dan keamanan struktural yang lebih baik. }, issn = {2303-1972}, pages = {185--188} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/53176} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan desain chassis ladder frame dump truck menggunakan metode elemen hingga dengan perangkat lunak ANSYS 2024. Dua desain dengan variasi ketebalan plat dan jumlah cross member dianalisis untuk mengetahui pengaruhnya terhadap deformasi, tegangan von-Mises, dan safety factor. Model 3D dibuat dengan SolidWorks 2022 dan dianalisis secara statik menggunakan beban vertikal 48.000 kg. Hasil menunjukkan bahwa desain pertama menghasilkan deformasi 10,477 mm dan tegangan von-Mises 890,6 MPa dengan safety factor 0,73231, yang melebihi batas aman material. Sebaliknya, desain kedua menunjukkan performa lebih baik dengan deformasi 7,3156 mm, tegangan von-Mises 366,57 MPa, dan safety factor 1,7792. Oleh karena itu, desain kedua direkomendasikan untuk diterapkan karena menawarkan kekakuan dan keamanan struktural yang lebih baik.
Last update: