skip to main content

ANALISIS STATIK KEKUATAN CHASSIS TRUK XCMG XT400DT 6X4 AKIBAT MODIFIKASI VESSEL UNTUK INDUSTRI PERTAMBANGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

*Muhammad Rio Revanza Imawanto  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Toni Prahasto  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Modifikasi struktur pada kendaraan tambang, seperti penambahan kapasitas muatan melalui modifikasi vessel, dapat memberikan dampak signifikan terhadap kekuatan dan keandalan chassis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan statik chassis truk XCMG XT400DT 6x4 XGA3251D2WC akibat modifikasi vessel yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas muatan. Metode yang digunakan adalah pemodelan 3D menggunakan SolidWorks dan simulasi statik dengan bantuan perangkat lunak ANSYS 2024. Simulasi dilakukan terhadap dua kondisi pembebanan, yaitu beban sesuai spesifikasi awal (GVW = 41.500 kg) dan beban setelah modifikasi vessel (GVW ≈ 47.332 kg). Hasil analisis menunjukkan bahwa pada pembebanan setelah modifikasi, deformasi maksimum meningkat sebesar 12%, tegangan Von-Mises maksimum mencapai 370,49 MPa, dan nilai safety factor menurun menjadi 1,7. Meskipun nilai-nilai tersebut masih dalam batas aman, penurunan safety factor menunjukkan adanya potensi risiko jika kendaraan digunakan dalam kondisi ekstrim. Oleh karena itu, evaluasi lebih lanjut atau perkuatan struktur disarankan untuk menjamin keselamatan operasional di industri pertambangan.

Fulltext View|Download
Keywords: ansys; metode elemen hingga (fem); modifikasi vessel; safety factor; von-mises stress
  1. Ane, P., & Pratasis, K. (2016). Kelayakan Investasi Studi Kasus Alat Berat Bulldozer, Excavator Dan Dump Truck Di Kota Manado. Jurnal Sipil Statik, 4(9), 533–539
  2. Anggara Syinta, R. (2021). Analisis Dan Pembuatan Chassis Tipe Ladder Frame Mobil KMHE Urban Concept Menggunakan Metode Simulasi Dan Pahl And Beitz. ENOTEK: Jurnal Energi Dan Inovasi Teknologi, 1(01), 14–18. https://doi.org/10.30606/enotek.v1i01.1000
  3. Arun, Kumar, K., & V., (2021). Structural Analysis of Chassis using AISI 4130 and AA 7068. s.l.:s.n
  4. Budynas, R. G., & Nisbett, J. K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th ed.)
  5. s.l.: Raghothaman Srinivasan
  6. Fadila, A., & Syam, B. (2013). Analisis Simulasi Struktur Chassis Mobil Mesin Usu Berbahan Besi Struktur Terhadap Beban Statik Dengan Menggunakan Perangkat Lunak Ansys 14.5. Jurnal E-Dinamis, 6(2), 70–79
  7. Fawaaid, U. (2017). Design and Finite Element Analysis of 100 Tons. s.l.: s.n
  8. Gere, J. M. & Goodno, B. J., 2013. MECHANICS OF MATERIAL. 8th ed. s.l.:s.n
  9. Hibbeler, R. C., 2011. Mechanics of Materiala. 8th ed. s.l.:s.n
  10. Hutton, D. V. (2004). Fundamentals of Finite Element Analysis. s.l.: Elizabeth A. Jones
  11. Vicky, M. (2020). Sistem Pendeteksi Objek Pada Area Blind Spot Dump Truck Menggunakan Fuzzy Logic Dengan Metode Sugeno. Skripsi, 103. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/53776/1/MUHAMAD VICKY- FST.pdf

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.