BibTex Citation Data :
@article{JTM50677, author = {Muhammad Al Anam and Sri Nugroho and Rifky Ismail}, title = {SIMULASI STATIS METODE ELEMEN HINGGA PADA KONTAK PINION HELIKS SHAFT DRIVE PULLEY SEKUNDER DAN COUNTER GEAR CONTINOUSLY VARIABLE TRANSMISSION SEPEDA MOTOR}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {13}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {counter gear; metode elemen hingga; pinion heliks; shaft drive}, abstract = { Shaft drive pulley sekunder pada Continously Variable Transmission (CVT) sepeda motor berperan meneruskan putaran ke gear train melalui pinion heliks. Tegangan yang dihasilkan pada kontak antara pinion heliks dengan counter gear dapat memicu kegagalan jika melebihi kekuatan luluh material shaft drive . Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi pembebanan dan kontur konsentrasi tegangan yang dihasilkan oleh kontak pinion heliks shaft drive pulley sekunder dan counter gear . Studi literatur dilakukan untuk mengetahui sifat material penyusun shaft drive , yaitu AISI 5130. Langkah-langkah simulasi statis metode elemen hingga meliputi menggambar desain tiga dimensi, menerapkan sifat material, meshing , menerapkan kondisi pembebanan dan tumpuan, dan menjalankan simulasi. Kondisi beban yang diterapkan adalah torsi berdasarkan perhitungan rasio CVT yang bernilai 1 – 3. Hasil menunjukkan bahwa torsi yang besar dengan rasio CVT bernilai tinggi dapat menghasilkan tegangan von Mises yang tinggi pula pada lokasi kontak shaft drive dengan counter gear . }, issn = {2303-1972}, pages = {51--56} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/50677} }
Refworks Citation Data :
Shaft drive pulley sekunder pada Continously Variable Transmission (CVT) sepeda motor berperan meneruskan putaran ke gear train melalui pinion heliks. Tegangan yang dihasilkan pada kontak antara pinion heliks dengan counter gear dapat memicu kegagalan jika melebihi kekuatan luluh material shaft drive. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi pembebanan dan kontur konsentrasi tegangan yang dihasilkan oleh kontak pinion heliks shaft drive pulley sekunder dan counter gear. Studi literatur dilakukan untuk mengetahui sifat material penyusun shaft drive, yaitu AISI 5130. Langkah-langkah simulasi statis metode elemen hingga meliputi menggambar desain tiga dimensi, menerapkan sifat material, meshing, menerapkan kondisi pembebanan dan tumpuan, dan menjalankan simulasi. Kondisi beban yang diterapkan adalah torsi berdasarkan perhitungan rasio CVT yang bernilai 1 – 3. Hasil menunjukkan bahwa torsi yang besar dengan rasio CVT bernilai tinggi dapat menghasilkan tegangan von Mises yang tinggi pula pada lokasi kontak shaft drive dengan counter gear.
Last update: