BibTex Citation Data :
@article{JTM45571, author = {A. Rusaily and Gunawan Haryadi and Ismoyo Haryanto}, title = {ANALISIS PENENTUAN SCHEDULE OF MAINTNANCE PADA KOMPONEN KRITIS DUMP TRUCK KAPASITAS 60 TON MENGGUNAKAN PROBABILITY PLOT}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {12}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {dump truck; mttf; periodic maintenance; probability plot; reliability}, abstract = { Penelitian ini mempelajari analisi perancangan schedule maintenance pada komponen kritis dump truck dengan kapasitas 60 ton menggunakan probability plot. Penentuan komponen kritis dari pompa Dump Truck dilakukan dengan mengalikan grade komponen dengan bobot setiap kriteria kritis untuk menentukan nilai kekritisan mesin. Pada Tugas Akhir ini peneliti memilih empat jenis probability plot atau distribusi kerusakan yang digunakan yaitu Distribusi Weibull , Distribusi Normal, Distribusi Lognormal, dan Distribusi Exponential . Probability plot atau distribusi kerusakan yang dipilih kemudian diuji dengan menggunakan goodness of fit test pada software Minitab 19. Setelah mendapatkan distribusi yang terpilih dari pengujian goodness of fit test maka langkah selanjutnya adalah menentukan keandalan dan nilai MTTF ( Mean Time to Failure) dari masing-masing komponen kritis tersebut. Setelah nilai lifetime preditction dianalisa maka dapat disusun tabel periodic maintenance komponen kritis agar mengurangi downtime unit. Hasil yang diperoleh pada analisis tersebut adalah enam komponen kritis yang memiliki nilai MTTF dan reliability , yaitu Disc Clutch adalah 56,61% pada 2072,35 jam, Seal Dump adalah 56,56% pada 1147,4 jam, Work Lamp adalah 56,63% pada 1032,6 jam, Tube Tyre adalah 56,58% pada 1077,03 jam, Lock Cabin adalah 56,57% pada 614,83 jam, dan Hose Chamber adalah 56,53% pada 688,24 jam. Dari kedua nilai tersebut dibuatlah jadwal periodic maintenance pada setiap komponen dump truck . }, issn = {2303-1972}, pages = {55--60} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/45571} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini mempelajari analisi perancangan schedule maintenance pada komponen kritis dump truck dengan kapasitas 60 ton menggunakan probability plot. Penentuan komponen kritis dari pompa Dump Truck dilakukan dengan mengalikan grade komponen dengan bobot setiap kriteria kritis untuk menentukan nilai kekritisan mesin. Pada Tugas Akhir ini peneliti memilih empat jenis probability plot atau distribusi kerusakan yang digunakan yaitu Distribusi Weibull, Distribusi Normal, Distribusi Lognormal, dan Distribusi Exponential. Probability plot atau distribusi kerusakan yang dipilih kemudian diuji dengan menggunakan goodness of fit test pada software Minitab 19. Setelah mendapatkan distribusi yang terpilih dari pengujian goodness of fit test maka langkah selanjutnya adalah menentukan keandalan dan nilai MTTF (Mean Time to Failure) dari masing-masing komponen kritis tersebut. Setelah nilai lifetime preditction dianalisa maka dapat disusun tabel periodic maintenance komponen kritis agar mengurangi downtime unit. Hasil yang diperoleh pada analisis tersebut adalah enam komponen kritis yang memiliki nilai MTTF dan reliability, yaitu Disc Clutch adalah 56,61% pada 2072,35 jam, Seal Dump adalah 56,56% pada 1147,4 jam, Work Lamp adalah 56,63% pada 1032,6 jam, Tube Tyre adalah 56,58% pada 1077,03 jam, Lock Cabin adalah 56,57% pada 614,83 jam, dan Hose Chamber adalah 56,53% pada 688,24 jam. Dari kedua nilai tersebut dibuatlah jadwal periodic maintenance pada setiap komponen dump truck.
Last update: