skip to main content

IMPLEMENTASI APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA PRAKTIKUM PROSES PRODUKSI POS KERJA BUBUT

*Andra Maulana  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Susilo Adi Widyanto  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Paryanto Paryanto  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Media pembelajaran selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada, mulai dari teknologi cetak, audio visual, komputer sampai teknologi gabungan antara teknologi cetak dengan komputer. Saat ini media pembelajaran hasil gabungan teknologi cetak dan komputer dapat diwujudkan dengan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR atau dapat disebut juga sebagai Realitas Tertambah merupakan integrasi elemen digital yang ditambahkan ke dalam dunia nyata secara waktu nyata (data real-world) dan mengikuti keadaan lingkungan yang ada di dunia nyata serta dapat diterapkan pada perangkat mobile. Metode penelitian yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode kuantitatif merupakan salah satu metode yang bertujuan untuk mendapatkan data tentang sebuah sistem yang bertujuan untuk mengetahui pembuatan aplikasi augmented reality ini dapat digunakan pada publik atau tidak. Hasil dari penelitian ini adalah dengan pengujian black box testing dengan hasil persentase 100 % dan pengujian System usability scale dengan nilai skala mencapai 71. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi augmented reality dapat digunakan dan mempermudah para praktikan dan juga asisten laboratorium untuk mengetahui dasar-dasar pengertian dan cara kerja dari mesin bubut.

Fulltext View|Download
Keywords: augmented reality; black box testing; media pembelajaran; praktikum proses produksi; system usability scale
  1. Saputro, R. E., & Saputra, D. I. S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika, 6(2), 153–162
  2. Rodríguez, Hernández. et al.(2023). Competencies Development Strategy Using Augmented Reality for Self-Management of Learning in Manufacturing Laboratories (AR-ManufacturingLab). Heliyon 9
  3. Azuma, R. T. (1997). A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 6(4), 355–385
  4. Milgram, P. (1994). a Taxonomy of Mixed Reality Visual Displays. IEICE Transactions on Information Systems, 77(12), 1–15
  5. Calderón, Rosalino Rodríguez, Arbesú, Rafael Santillana . (2015), Augmented Reality in Automation Rosalino. Procedia Computer Science (75), pp. 123 – 128
  6. Fernando, Mario. (2013). Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vufuria SDK dan Unity. Solo : Buku AR Online
  7. Sari, Ni Komang O.P. et al. (2014). Pengembangan Aplikasi AR Book Pengenalan Tata Letak Bangunan Pura Goa Lawah dan Pura Goa Gaja. JPTK UNDHIKSHA (vol. 11, No. 2). Hlm. 75-86
  8. Shihab. (2011). Metode White box dan Black Box Testing. http://rijjasihabuddin.metode-white-box-and-black-box-testing.html
  9. Purwati, A. dwi, & Jemakmun. (2019). Evaluasi Usability Website Menggunakan System Usability Scale. 500-Article%20Text-1566-2-10-20200124%20, 588–595
  10. Brooke, J. (2013). SUS : A Retrospective. June

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.