BibTex Citation Data :
@article{JTM45569, author = {Andra Maulana and Susilo Widyanto and Paryanto Paryanto}, title = {IMPLEMENTASI APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA PRAKTIKUM PROSES PRODUKSI POS KERJA BUBUT}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {12}, number = {3}, year = {2024}, keywords = {augmented reality; black box testing; media pembelajaran; praktikum proses produksi; system usability scale}, abstract = { Media pembelajaran selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada, mulai dari teknologi cetak, audio visual, komputer sampai teknologi gabungan antara teknologi cetak dengan komputer. Saat ini media pembelajaran hasil gabungan teknologi cetak dan komputer dapat diwujudkan dengan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR atau dapat disebut juga sebagai Realitas Tertambah merupakan integrasi elemen digital yang ditambahkan ke dalam dunia nyata secara waktu nyata (data real-world ) dan mengikuti keadaan lingkungan yang ada di dunia nyata serta dapat diterapkan pada perangkat mobile . Metode penelitian yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode kuantitatif merupakan salah satu metode yang bertujuan untuk mendapatkan data tentang sebuah sistem yang bertujuan untuk mengetahui pembuatan aplikasi augmented reality ini dapat digunakan pada publik atau tidak. Hasil dari penelitian ini adalah dengan pengujian black box testing dengan hasil persentase 100 % dan pengujian System usability scale dengan nilai skala mencapai 71. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi augmented reality dapat digunakan dan mempermudah para praktikan dan juga asisten laboratorium untuk mengetahui dasar-dasar pengertian dan cara kerja dari mesin bubut. }, issn = {2303-1972}, pages = {1--8} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/45569} }
Refworks Citation Data :
Media pembelajaran selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada, mulai dari teknologi cetak, audio visual, komputer sampai teknologi gabungan antara teknologi cetak dengan komputer. Saat ini media pembelajaran hasil gabungan teknologi cetak dan komputer dapat diwujudkan dengan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR atau dapat disebut juga sebagai Realitas Tertambah merupakan integrasi elemen digital yang ditambahkan ke dalam dunia nyata secara waktu nyata (data real-world) dan mengikuti keadaan lingkungan yang ada di dunia nyata serta dapat diterapkan pada perangkat mobile. Metode penelitian yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode kuantitatif merupakan salah satu metode yang bertujuan untuk mendapatkan data tentang sebuah sistem yang bertujuan untuk mengetahui pembuatan aplikasi augmented reality ini dapat digunakan pada publik atau tidak. Hasil dari penelitian ini adalah dengan pengujian black box testing dengan hasil persentase 100 % dan pengujian System usability scale dengan nilai skala mencapai 71. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi augmented reality dapat digunakan dan mempermudah para praktikan dan juga asisten laboratorium untuk mengetahui dasar-dasar pengertian dan cara kerja dari mesin bubut.
Last update: