slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
ANALISIS DYNAMIC FLAPPING WING MICRO AIR VEHICLE MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD | Sigalingging | JURNAL TEKNIK MESIN skip to main content

ANALISIS DYNAMIC FLAPPING WING MICRO AIR VEHICLE MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD

*Boy Betman Sigalingging  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ismoyo Haryanto  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Achmad Widodo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Meningkatnya minat pada pesawat tak berawak telah memicu banyak penelitian di lingkungan micro air vehicle (MAV). MAV dirancang untuk melakukan berbagai tugas dan misi, terutama dalam konteks pengawasan, pengintaian, dan pemantauan, di lingkungan yang sulit dijangkau oleh kendaraan udara yang lebih besar.  Flapping wing micro air vehicle (FWMAV) adalah salah satu jenis MAV yang terinspirasi oleh gerakan sayap burung, kelelawar dan serangga. Gerakan sayap burung, kelelawar dan serangga tersebut memiliki efisiensi penerbangan, kemampuan manuver, dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dimana hal tersebut sulit ditiru oleh pesawat buatan manusia. Jenis flapping wing yang akan dianalisa pada penelitian ini adalah membrane flapping wing. Dalam mendesain flapping wing MAV, ada berbagai permasalahan yang harus dianalisis salah satunya adalah analisis dinamis flapping wing. Modal analisis digunakan untuk menentukan karakteristik dinamis suatu sistem seperti frekuensi alami, rasio redaman, dan mode shape. Tujuan dari analisis dinamik atau modal analisis adalah untuk mendapatkan nilai frekuensi natural dan mode shape. Ukuran geometri dari flapping wing diambil dari jurnal internasional. Finite element method dipilih untuk melakukan modal analisis menggunakan bantuan software Ansys. Hasil simulasi dibandingkan dengan hasil yang ada di jurnal lalu dilakukan perbandingan dan hasil simulasi yang dihasilkan sudah mendekati. Lalu dilakukan simulasi dengan membandingkan ukuran cross section dari rod  yaitu ukuran awal 1.5 mm dibandingkan dengan ukuran cross section 1.3 mm dan 1 mm. Hasil simulasi menunjukkan nilai frekuensi natural yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan ukuran cross section awal yaitu 1.5 mm.

Fulltext View|Download
Keywords: finite element method; flapping wing; frekuensi natural
  1. . Chen L, Zhang Y, Zhou C, Wu J. Aerodynamic mechanisms in bio-inspired micro air vehicles: a review in the light of novel compound layouts. IET Cyber-systems Robot. 2019;1(1):2–12
  2. . Ward TA, Fearday CJ, Salami E, Binti Soin N. A bibliometric review of progress in micro air vehicle research. Int J Micro Air Veh. 2017;9(2):146–65
  3. . Sibilski K, Nowakowski M, Rykaczewski D, Szczepaniak P, Zyluk A, Sibilska-Mroziewicz A, et al. Identification of fixed-wing micro aerial vehicle aerodynamic derivatives from dynamic water tunnel tests. Aerospace. 2020;7(8)
  4. . Bohorquez F, Samuel P, Sirohi J, Darryll Pines, Rudd L. Design, Analysis and Performance of a Rotary Wing MAV. Johns Hopkins Univ - Appl Phys. 2001;(February 2015)
  5. . VM M. A Review of Flapping Wing MAV Modelling. Int J Aeronaut Sci Aerosp Res. 2015;(April 2015):27–36
  6. . Luo S, Yang Q. Natural frequency measurement of steel components by the sound signal. J Low Freq Noise Vib Act Control. 2021;40(2):993–1004
  7. . Zahid F Bin, Ong ZC, Khoo SY. A review of operational modal analysis techniques for in-service modal identification. J Brazilian Soc Mech Sci Eng [Internet]. 2020;42(8). Available from: https://doi.org/10.1007/s40430-020-02470-8
  8. . Tiomkin S, Raveh DE. A review of membrane-wing aeroelasticity. Prog Aerosp Sci [Internet]. 2021;126(July):100738. Available from: https://doi.org/10.1016/j.paerosci.2021.100738
  9. . Gehrke A, Richeux J, Uksul E, Mulleners K. Aeroelastic characterisation of a bio-inspired flapping membrane wing Aeroelastic characterisation of a bio-inspired flapping membrane wing. 2022;
  10. . Pai PF, Chernova DYK, Palazotto AN. Nonlinear modeling and vibration characterization of MAV flapping wings. Collect Tech Pap - AIAA/ASME/ASCE/AHS/ASC Struct Struct Dyn Mater Conf. 2009;(May):1–25

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.