skip to main content

OPTIMASI DESAIN SWINGARM TIPE MONOSHOCK DUA LENGAN DENGAN SOFTWARE SOLIDWORKS

*Bagus Ardjuna  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Budi Setiyana  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ismoyo Haryanto  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Sepeda motor merupakan kendaraan yang banyak digunakan terutama oleh negara berkembang di Asia. Perkembangan dalam perancangan otomotif pada saat ini sangat kompetitif contohnya dalam perancangan sebuah lengan ayun (swingarm) yang digunakan pada motor performa tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasi desain dari sebuah swingarm tipe monoshock dua lengan sehingga menghasilkan massa minimum namun tetap memenuhi faktor keamanan. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan optimasi topologi sebagai profil model acuan awal yang kemudian disempurnakan dengan pemodelan ulang menggunakan software Solidworks 2022. Model swingarm mula-mula diuji statik dengan mengaplikasikan beban sesuai perhitungan dan diagram benda bebas pada swingarm. Kemudian dioptimasi dengan menentukan batasan faktor keamanan sebesar 1,7 yang bertujuan untuk mengurangi massa swingarm hingga minimum. Material swingarm yang digunakan adalah Aluminium 6061-T6 dengan kekuatan luluh sebesar 275 MPa. Uji statik pada swingarm hasil optimasi menunjukkan tegangan maksimum sebesar 102 MPa dengan faktor keamanan sebesar 1,9. Massa akhir hasil optimasi berkurang sebesar 30% dari semula 3,96 kg menjadi 2,76 kg.

Fulltext View|Download
Keywords: dinamika sepeda motor; optimasi desain; swingarm
  1. S. Y. Kandukuri, A. Pai, and M. Manikandan, “Scope of Carbon Fibre-Reinforced Polymer Wheel Rims for Formula Student Racecars: A Finite Element Analytical approach,” J. Inst. Eng. Ser. C, vol. 103, no. 4, pp. 939–948, 2022, doi: 10.1007/s40032-022-00808-w
  2. D. Rechena, “Motorcycle chassis analysis,” 2014
  3. S. Hassaan Abdullah Fachhochschule Kärnten, S. Hassaan Abdullah, M. Ahmed, and W. Abdul Rahman, “Design of Racing Motorcycle Swingarm with Shape Optimisation Baja SAE India View project Design of Racing Motorcycle Swingarm with Shape Optimisation,” IJSRD-International J. Sci. Res. Dev., vol. 6, no. December, pp. 2321–0613, 2018, [Online]. Available: www.ijsrd.com
  4. R. M. C. Dias, “Static structural analysis of a motorcycle’s single sided swingarm,” 2022
  5. S. Swathikrishnan, P. Singanapalli, and A. S. Prakash, “Design and Analysis of Swingarm for Performance Electric Motorcycle,” Int. J. Innov. Technol. Explor., vol. 8, no. 8, pp. 3032–3039, 2019, [Online]. Available: https://www.ijitee.org/wp-content/uploads/papers/v8i8/H7048068819.pdf
  6. A. Božič, S., Gombač, E., & Harmel, “Redesign of motorcycle rear suspension with Cad technology,” Mach. Technol. Mater. Int. Sci. J., vol. 9–10, pp. 12-17., 2009
  7. Cengkareng Motor, “Honda New Mega Pro.” Accessed: Nov. 10, 2023. [Online]. Available: https://www.hondacengkareng.com/motor/honda-new-mega-pro/
  8. Tony Foale, “Motorcycle Handling and Chassis Design : The Art and Science,” no. July, pp. 1–23, 2002
  9. V. Cossalter, Motorcycle Dynamics, Second Eng. Padova, 2006
  10. Dassault Systèmes, “Solidworks.” Paris, 2022
  11. M. Badaruddin, Zulhanif, and H. Supriadi, “Low Cycle Fatigue Properties of Extruded 6061-T6 Aluminum Alloy,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1198, no. 3, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1198/3/032002
  12. K. Chanyathunyaroj, Sompob Phetchcrai, Ghit Laungsopapun, and Amornsak Rengsomboon, “Fatigue characteristics of 6061 aluminum alloy subject to 3.5% NaCl environment.” Elsevier, Thailand, 2019. doi: https://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.105420
  13. R. G. Budynas and J. K. Nisbett, Shigley’s Mechanical Engineering Design, Tenth Edit. New York: McGraw-Hill Education, 2015
  14. A. Powar, H. Joshi, S. Khuley, and D. P. Yesane, “International Journal of Current Engineering and Technology Analysis and Topological Optimization of Motorcycle Swing-Arm,” vol. 6, no. 6, pp. 270–274, 2016, [Online]. Available: http://inpressco.com/category/ijcet
  15. A. Airoldi, S. Bertoli, L. Lanzi, M. Sirna, and G. Sala, “Design of a Motorcycle Composite Swing-Arm by Means of Multi-objective Optimisation,” Appl. Compos. Mater., vol. 19, no. 3, pp. 599–618, 2012, doi: 10.1007/s10443-011-9227-6

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.