slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisis Dinamika Kendaraan Mobil Antawirya Pada Saat Cornering | Haryanto | JURNAL TEKNIK MESIN skip to main content

Analisis Dinamika Kendaraan Mobil Antawirya Pada Saat Cornering

*Aris Haryanto  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Budi Setiyana  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ojo Kurdi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Mobil saat ini menjadi alat transportasi yang sangat dibutuhkan masyarakat umum. Produsen mobil saat ini yang terus mengembangkan performa mesin dan desain agar selalu dalam kondisi aman dan nyaman pada saat dikendarai terutama didalam ruang kemudi agar minim terjadi kecelakaan. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan yaitu mengalami slip condition pada saat kendaraan melakukan cornering. Pentingnya faktor keamanan dan keselamatan kendaraan mobil. Multibody Dynamics (MBD) simulation merupakan salah satu metode untuk menguji kinematika dan dinamika dari rancangan. Pada penelitian ini dilakukan pengujian MBD dengan variasi radius putar dan kecepatan yaitu radius 10 m, 15 m, dan 20 m sedangkan variasi kecepatan 20 km/h, 30 km/h, 40km/h. Model kendaraan yang dijadikan referensi pada penelitian ini adalah mobil Antawirya Undip. Pengujian constant speed dan constant radius tertentu mendapatkan kondisi dinamik dari mobil antawirya yang terdiri dari turning radius, steering wheel angle, lateral acceleration, vehicle roll, vehicle yaw rate, vehicle path, vehicle slip. Dari pengujian didapatkan kecepatan aman maksimum dengan radius 10 m yaitu 30 km/h, radius 15 m adalah 30 km/h dan pada radius 20 m yaitu 40 km/h.

Fulltext View|Download
Keywords: cornering mbd; constant radius; constant speed constant radius simulation; mobil antawirya
  1. Balkwill, J. (2018). Performance Vehicle Dynamics: Engineering and Applications
  2. Bhanage, A. (2015). Static and Fatigue Simulation of Automotive Anti Roll Bar before DBTT Design optimization of aerospace sandwich composites for strength and stiffness View project Uploading useful Slides and ppt presentations in slideshare View project Static and Fatigue. In Article in International Journal of Applied Engineering Research. https://www.researchgate.net/publication/281684193
  3. Bhanage, A. (2015). Static and Fatigue Simulation of Automotive Anti Roll Bar before DBTT Design optimization of aerospace sandwich composites for strength and stiffness View project Uploading useful Slides and ppt presentations in slideshare View project Static and Fatigue. In Article in International Journal of Applied Engineering Research. https://www.researchgate.net/publication/281684193
  4. Cho, W., Suh, J., & You, S. H. (2021). Integrated Motion Control Using a Semi-Active Damper System to Improve Yaw-Roll-Pitch Motion of a Vehicle. IEEE Access, 9, 52464-52473
  5. Ishac, A., Simanjuntak, E., Haryanto, I., Prahasto, T., Jurusan, M., Mesin, T., Teknik, F., Diponegoro, U., Jurusan, D., Mesin, T., Teknik, F., & Diponegoro, U. (2021). ANALISIS PERFORMA CORNERING MEDIUM DUTY TRUK DENGAN SUSPENSI. 9(4), 475–482
  6. Kun, J. (2019). Real-time estimation and prediction of tire forces using digital map for driving risk assessment. Transportation Research Part C: Emerging Technologies, 107, 463–489. https://doi.org/10.1016/j.trc.2019.08.016
  7. Lee, U., & Han, C. (2001). A suspension system with a variable roll centre for the improvement of vehicle handling characteristics. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part D: Journal of Automobile Engineering, 215(6), 677-696
  8. Pacejka, H. B. (2012). Tire Characteristics and Vehicle Handling and Stability. In Tire and Vehicle Dynamics. https://doi.org/10.1016/b978-0-08-097016-5.00001-2
  9. Priyambada, P. (2016). Analisis Kenyamanan Serta Redesain Pegas Suspensi Mobil Toyota Fortuner 4.0 V6 SR (AT 4x4) (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  10. Thomas D. Gillespie (1992). Fundamentals of Vehicle Dynamics

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.