skip to main content

ANALISIS RANGKA SEPEDA MOTOR JENIS MONOCOQUE DENGAN MATERIAL KOMPOSIT MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

*Diego Okto Mando Sinaga  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Djoeli Satrijo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ojo Kurdi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pada kendaraan bermotor, rangka merupakan bagian terpenting yang akan menahan dan sebagai tempat dudukan berbagai macam komponen-komponen, serta mendukung beban komponen tersebut pada sistem kendaraan. Perhitungan kekuatan rangka merupakan hal yang sangat penting unuk memastikan rangka mampu menahan beban. Perhitungan kekuatan rangka dapat dilakukan secara manual (hand calculation) atau dengan menggunakan Finite Element Analysis (FEA). Banyak software yang bisa digunakan seperti Solidworks, Autodesk Inventor, CATIA, dan Ansys. FEA telah banyak digunakan sebagai tool analysis untuk memperoleh gambaran distribusi tegangan dan memprediksi kekuatan struktur. Penggunaan FEA dalam memprediksi kekuatan suatu konstuksi sistem  mekanikal dapat menekan biaya desain bila dibandingkan dengan eksperimen.
Fulltext View|Download
Keywords: analisis dinamik; analisis statik; karbon komposit; sepeda motor listrik
  1. J. G. Anarkhi Paksi, I. A. Cristian and R. Indriansyah, "Perancangan Struktur Road Bike Frame Menggunakan Alumunium 6063 Melalui Proses Optimalisasi Perlakuan Panas," Jurnal Teknik Mesin, p. 5, 2021
  2. U. S. Prasad, A. R. Babu, B. Sairaju, S. Amirishetty and D. Deepak, "Automotive chassis design material selection for road and race vehicles," Journal of Mechanical Engineering Research and Developments, p. 43 (3), 2020
  3. Y. Yakub and N. A. Saragih, "ANALISIS NOISE DI CENTER REGISTER AIR CONDITIONER PADA MOBIL X," Science and Technology Index, pp. 42-50, 2017
  4. I. Erhunmwun and U. Ikponmwosa, " https://doi.org/10.4314/jasem.v21i5.30," Journal of Applied Sciences and Environmental Management, p. 21 (5), 2017
  5. M. Ps and V. T. R, "Static Analysis, Design Modification and Modal Analysis of," Journal of Engineering Research and Applications, pp. 06-10, 2014
  6. M. A. A. Dnyaneshwar and M. S. Kelkar, "Design and Optimization of Integrated Super Bracket According to Stress and Vibration Analysis," International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), p. 08, 2021
  7. T. Irvine, "AN INTRODUCTION TO FREQUENCY RESPONSE FUNCTIONS," 2000
  8. J. Y. Wong, Theory of Ground Vehicles, John Wiley & Sons, 2001
  9. J.-R. Cormier and G. Laplante, "Study of the effects of low-velocity impact on a composite bicycle down tube," Composite Structure, p. 198, 2018
  10. A. A. Achmad, "Rancang Bangun Sistem Suspensi Semiaktif Untuk Peningkatan Kenyamanan Kendaraan," Jurnal Teknik Mesin, p. 2, 2002

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.