slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
ANALISIS PENGARUH PARAMETER ANTI ROLL BAR TERHADAP BODY ROLL KENDARAAN DENGAN METODE MULTIBODY DYNAMICS (MBD) SIMULATION | Wicaksono | JURNAL TEKNIK MESIN skip to main content

ANALISIS PENGARUH PARAMETER ANTI ROLL BAR TERHADAP BODY ROLL KENDARAAN DENGAN METODE MULTIBODY DYNAMICS (MBD) SIMULATION

*Hasyid Ahmad Wicaksono  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ismoyo Haryanto  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Toni Prahasto  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Kendaraan adalah alat transportasi yang digerakkan oleh peralatan teknis. Kendaraan terdiri dari berbagai komponen di dalamnya, salah satu dari beberapa komponen kendaraan yang memiliki fungsi penting yaitu suspensi. Suspensi merupakan elemen penting untuk memberikan kenyamanan berkendara yang bertujuan untuk meredam getaran dan guncangan saat melewati jalan bergelombang. Dalam suatu suspensi terdapat komponen antiroll bar yang merupakan komponen berbentuk besi melintang yang menggabungkan satu sisi sistem suspensi dengan bagian sistem suspensi lainnya. Fungsi utamanya untuk mengurangi rollover atau body roll kendaraan saat menikung atau akibat permukaan jalan yang tidak rata. Pengujian yang dilakukan menggunakan double lane change analysis dan stepsteering analysis yang dimiliki software Altair Motionview 2019 untuk mengetahui pengaruh variasi anti roll bar pada kendaraan. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan Dari pengujian double lane change yang diperoleh model dengan variasi antiroll bar depan lebih besar dibandingkan antiroll bar belakang memiliki sudut roll yang lebih kecil sehingga mengidentifikasikan bahwa model memiliki body roll yang rendah. Sedangkan pada pengujian ketiga dimana offset lateral 4,5 meter, semua model mengalami skid sehingga semua model tidak dapat mencapai garis finis, sedangkan pengujian step steer, grafik understeer untuk percepatan lateral masing-masing model menunjukkan bahwa setiap model mengalami sedikit perilaku understeer kemudian mengalami oversteer. Pada pengujian ini, model 4 mengalami perilaku understeer paling besar dibandingkan dengan model pengujian lainnya, sedangkan model tanpa stabilizer memiliki nilai understeer yang lebih rendah dibandingkan dengan model pengujian lainnya.
Fulltext View|Download
Keywords: antirollbar; body roll; understeer
  1. Nikhil, M. K., & Daspute, D. H. (2018). Dynamic analysis of anti roll bar. Materials today: proceedings, 5(5), 12490-12498
  2. Killedar, J. S. (2012). Dynamometer: theory and application to engine testing. Xlibris Corporation
  3. Balkwill, J. (2018). Performance vehicle dynamics: engineering and applications. Butterworth-Heinemann
  4. Goodarzi, A., & Khajepour, A. (2017). Vehicle suspension system technology and design. Synthesis Lectures on Advances in Automotive Technology, 1(1), i-77
  5. Hassan, M. Z., Aziz, M. K. H. A., Delbressine, F., & Rauterberg, M. (2016). Numerical analysis of spring stiffness in vehicle design development stage. International Journal of Applied Engineering Research, 11(7), 5163-5168
  6. Kumar, Y., Siddiqui, R. A., Upadhyay, Y., & Prajapati, S. (2022). Kinematic and structural analysis of independent type suspension system with anti-roll bar for formula student vehicle. Materials Today: Proceedings, 56, 2672-2679
  7. Rajamani, R., Piyabongkarn, D., Tsourapas, V., & Lew, J. Y. (2011). Parameter and state estimation in vehicle roll dynamics. IEEE Transactions on Intelligent Transportation Systems, 12(4), 1558-1567
  8. Mohanavel, V., Iyankumar, R., Sundar, M., Kumar, P. K., & Pugazhendhi, L. (2021). Modelling and finite element analysis of anti-roll bar using ANSYS software. Materials Today: Proceedings, 37, 321-335
  9. Zulkarnain, N., Zamzuri, H., & Mazlan, S. A. (2014). Ride and handling analysis for an active anti-roll bar: case study on composite nonlinear control strategy. International Journal of Automotive and Mechanical Engineering, 10(2), 2122-2143
  10. Reimpell, J., Stoll, H., & Betzler, J. (2001). The automotive chassis: engineering principles. Elsevier

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.