BibTex Citation Data :
@article{JTM37781, author = {Ignatius Sudibyo and Berkah T. K. and M. S. K. Tony Utomo}, title = {Analisis Manajemen Termal Cylindrical Battery Pack Li-Ion 18650 Secara Konveksi Paksa Dengan Variasi Temperatur Inlet dan Laju Aliran Udara Menggunakan Computional Fluid Dynamics (CFD)}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {11}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {baterai lithium-ion; inlet temperatur; kecepatan aliran udara; pelepasan; sistem manajemen termal baterai (btms)}, abstract = { Baterai lithium-ion sebagai sistem penyimpanan energi adalah kunci pengembangan kendaraan listrik. Untuk mengembangkan kendaraan listrik yang sangat efisien, diperlukan baterai dengan densitas output spesifik dan densitas energi yang tinggi. Meskipun banyak keuntungan, baterai lithium-ion sangat sensitif terhadap suhu. Oleh karena itu, untuk memastikan keamanan dan kinerja baterai, sistem manajemen termal baterai (BTMS) yang efisien merupakan persyaratan untuk pengoperasian yang aman dari baterai tegangan tinggi tersebut untuk mencegah pelarian dan kerusakan termal dan untuk menjaga keseragaman suhu kemasan baterai. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, kinerja modul baterai berpendingin udara diselidiki secara numerik, dan panas yang dihasilkan selama proses pelepasan secara efisien dihamburkan pada nilai konstan dengan variasi kecepatan aliran udara dan inlet temperatur. Telah ditemukan bahwa meningkatkan kecepatan udara atau menurunkan temperatur inlet udara dapat mengurangi kenaikan suhu modul baterai . }, issn = {2303-1972}, pages = {142--149} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/37781} }
Refworks Citation Data :
Baterai lithium-ion sebagai sistem penyimpanan energi adalah kunci pengembangan kendaraan listrik. Untuk mengembangkan kendaraan listrik yang sangat efisien, diperlukan baterai dengan densitas output spesifik dan densitas energi yang tinggi. Meskipun banyak keuntungan, baterai lithium-ion sangat sensitif terhadap suhu. Oleh karena itu, untuk memastikan keamanan dan kinerja baterai, sistem manajemen termal baterai (BTMS) yang efisien merupakan persyaratan untuk pengoperasian yang aman dari baterai tegangan tinggi tersebut untuk mencegah pelarian dan kerusakan termal dan untuk menjaga keseragaman suhu kemasan baterai. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, kinerja modul baterai berpendingin udara diselidiki secara numerik, dan panas yang dihasilkan selama proses pelepasan secara efisien dihamburkan pada nilai konstan dengan variasi kecepatan aliran udara dan inlet temperatur. Telah ditemukan bahwa meningkatkan kecepatan udara atau menurunkan temperatur inlet udara dapat mengurangi kenaikan suhu modul baterai.
Last update: