skip to main content

Analisis Manajemen Termal Cylindrical Battery Pack Li-Ion 18650 Secara Konveksi Paksa Dengan Variasi Temperatur Inlet dan Laju Aliran Udara Menggunakan Computional Fluid Dynamics (CFD)

*Ignatius Sunu Sudibyo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Berkah Fajar T. K.  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
M. S. K. Tony Suryo Utomo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Baterai lithium-ion sebagai sistem penyimpanan energi adalah kunci pengembangan kendaraan listrik. Untuk mengembangkan kendaraan listrik yang sangat efisien, diperlukan baterai dengan densitas output spesifik dan densitas energi yang tinggi. Meskipun banyak keuntungan, baterai lithium-ion sangat sensitif terhadap suhu. Oleh karena itu, untuk memastikan keamanan dan kinerja baterai, sistem manajemen termal baterai (BTMS) yang efisien merupakan persyaratan untuk pengoperasian yang aman dari baterai tegangan tinggi tersebut untuk mencegah pelarian dan kerusakan termal dan untuk menjaga keseragaman suhu kemasan baterai. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, kinerja modul baterai berpendingin udara diselidiki secara numerik, dan panas yang dihasilkan selama proses pelepasan secara efisien dihamburkan pada nilai konstan dengan variasi kecepatan aliran udara dan inlet temperatur. Telah ditemukan bahwa meningkatkan kecepatan udara atau menurunkan temperatur inlet udara dapat mengurangi kenaikan suhu modul baterai.

Fulltext View|Download
Keywords: baterai lithium-ion; inlet temperatur; kecepatan aliran udara; pelepasan; sistem manajemen termal baterai (btms)
  1. IEA. (2021). Net Zero by 2050: A Roadmap for the Global Energy Sector. International Energy Agency, 224. https://www.iea.org/reports/net-zero-by-2050
  2. Park, C. and Jaura, A.K. (2003) ‘Dynamic thermal model of Li-Ion battery for predictive behavior in hybrid and fuel cell vehicles’, SAE Technical Papers [Preprint], (June 2003). Available at: https://doi.org/10.4271/2003-01- 2286
  3. Sun, J. et al. (2016) ‘Toxicity, a serious concern of thermal runaway from commercial Li-ion battery’, Nano Energy, 27, pp. 313–319. Available at: https://doi.org/10.1016/j.nanoen.2016.06.031
  4. Xing, Y. et al. (2014) ‘State of charge estimation of lithium-ion batteries using the open-circuit voltage at various ambient temperatures’, Applied Energy, 113, pp. 106–115. Available at: https://doi.org/10.1016/j.apenergy.2013.07.008
  5. S. S. Zhang, K. Xu, T. R. Jow, “The low temperature performance of Li-ion batteries,” Journal of Power Sources, Volume 115(1), pp. 137- 140 (2003)
  6. Wang, Qingsong ; Ping, Ping; Zhao, Xuejuan; Chu, Guanquan; Sun, Jinhua ; Chen, Chunhua, “Thermal runaway caused fire and explosion of lithium ion battery,” Journal of Power Sources, Volume 208, pp. 210-224 (2012)
  7. F. Barreras, M. Maza, A. Lozano et al., “Design and development of a multipurpose utility AWD electric vehicle with a hybrid powertrain based on PEM fuel cells and batteries,” International Journal of hydrogen Energy
  8. C. C. Chan and K. T. Chau, Modern Electric Vehicle Technology, Oxford University Press, Oxford, UK
  9. Cengel, Y.A. (2002) ‘Heat Transference a Practical Approach’, MacGraw-Hill, 4(9), p. 874. Available at: http://dx.doi.org/10.1007/978-3-642-20279-7_5
  10. Inc., A. (2016) ‘ANSYS Fluent Theory Guide v17.1’, ANSYS 17.1 Documentation, 15317(April), p. 850
  11. Fan, Y. et al. (2019) ‘Experimental study on the thermal management performance of air cooling for high energy density cylindrical lithium-ion batteries’, Applied Thermal Engineering, 155(February), pp. 96–109
  12. R. Mahamud, C. Park, Reciprocating air flow for Li-ion battery thermal management to improve temperature uniformity, J. Power Sour. 196 (2011) 5685–5696
  13. Huang, Y. et al. (2017) ‘Study on the thermal interaction and heat dissipation of cylindrical Lithium-Ion Battery cells’, Energy Procedia, 142(July 2020), pp. 4029–4036. Available at: https://doi.org/10.1016/j.egypro.2017.12.321
  14. Zhu, F. et al. (2016) ‘Simulation of thermal behavior of a lithium-ion battery’, 63(Icseee), pp. 528–532

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.