skip to main content

PEMBUATAN DAN PENGUJIAN SPESIMEN PIN ON DISC BERBASIS TEMBAGA UNTUK APLIKASI HIGH SPEED TRAIN

*Agustinus Dimas Krisna Adi Nugroho  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Rusnaldy Rusnaldy  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Paryanto Paryanto  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Salah satu moda transportasi yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah kereta api. Badan pusat statistik menyebutkan bahwa pengguna kereta api mencapai angka 15.735 penumpang untuk wilayah Jabodetabek, 3.398 penumpang untuk wilayah Non Jabodetabek (Jawa), dan 305 untuk wilayah Sumatra, dengan total penumpang mencapai 19.438 (data bulan Maret 2022). Kebutuhan akan moda transportasi baru di dunia sangat memungkinkan untuk terbentuknya sebuah kereta cepat. Beberapa negara yang telah menggunakan moda transportasi kereta api cepat diantaranya adalah China, Jepang, Korea Selatan dan Prancis. Di Indonesia sendiri, kereta api cepat masih dalam tahap pengembangan. Target capaian sampai dengan tahun 2024 untuk inovasi teknologi perkeretapian di Indonesia adalah dapat terbangunnya prototipe kereta api antar kota kecepatan 220 km/jam. Kinerja dari kampas rem memiliki pengaruh penting pada kemampuan pengereman dan keselamatan operasional pada kereta api cepat. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai pembuatan spesimen pin kampas rem dengan metode pembuatan yang menggunakan skala lab karena keterbatasan peralatan. Spesimen pin kampas rem dibuat dengan metode powder metallurgy dengan material serbuk yang digunakan meliputi serbuk tembaga (Cu), serbuk besi (Fe), serbuk grafit, serbuk ferokrom (Cr-Fe), serbuk molybdenum disulfida (MoS2), dan serbuk silikon  dioksida (SiO2). Variasi dalam penelitian ini terdapat pada komposisi serbuk molybdenum disulfida dan grafit dengan interval sebesar 0,5% dan dibagi menjadi spesimen A, B, C, D, dan E sesuai dengan variasinya. Spesimen yang telah dibuat kemudian dilakukan pengujian densitas, kekerasan dan keausan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses produksi spesimen pin kampas rem menggunakan skala lab berhasil dilakukan. Proses produksi dengan metode powder metallurgy menghasilkan spesimen dengan densitas tertentu yang akan berhubungan dengan hasil kekerasan maupun keausannya. Spesimen terbaik dengan porositas serta keausan terendah dan kekerasan tertinggi adalah spesimen E.
Fulltext View|Download
Keywords: high speed train brake pads; powder metallurgy; uji densitas; uji keausan; uji kekerasan
  1. Sun Y., Jiang, Z., Gu, J., Zhou, M., Li, Y., Zhang, L., 2018, “Analyzing High Speed Rail Passengers’ Train Choices Based On New Online Booking Data In China,” Transportation Research Part C, 97: 96-113
  2. Li, L.S.Z., Yang, F.X., Cui, C., 2019, “High-Speed Rail And Tourism in China: An Urban Agglomeration Perspective,” International Journal of Tourism Research, 21: 45-60
  3. Ceraolo, M., Lutzemberger, G., Meli, E., Pugi, L., Rindi, A., Pancari, G., 2018, “Energy Storage Systems to Exploit Regenerative Braking in DC Railway Systems: Different Approaches to Improve Efficiency of Modern High-Speed Trains,” Journal of Energy Storage, 16: 269-279
  4. Zhou, L., Shen, Z., 2011, “Progress in High-Speed Train Technology Around the World,” Journal of Modern Transportation, 19: 1-6
  5. Shi, L.B., Wang, F., Ma, L., Liu, Q.Y., Guo, J., Wang, W.J., 2018, “Study of The Friction and Vibration Characteristics of The Braking Disc/Pad Interface Under Dry and Wet Conditions,” Tribology International, 127: 533-544
  6. Xiao, J.K., Xiao, S.X., Chen, J., Zhang, C., 2020, “Wear Mechanism of Cu-Based Brake Pad for High-Speed Train Braking at Speed of 380Km/h,” Tribology International, 150: 1-8
  7. Kasem, H., Brunel, J.F., Defrenoy, P., Siroux, M., Desmet, B., 2011, “Thermal Levels and Subsurface Damage Induced by The Occurrence of Hot Spots During High-Energy Braking,” Wear, 270: 355–364
  8. Mann, R., Magnier, V., Brunel, J.F., Brunel, F., Dufrenoy, P., Henrion, M., 2017, “Relation Between Mechanical Behavior and Microstructure of A Sintered Material for Braking Application,” Wear, 386–387: 1–16
  9. Zhou, H.B., Yaou, P.P., Xiao, Y.L., Fan, K.Y., Zhang, Z.Y., Gong, T.M., Zhao, L., Deng, M.W., Liu, C., Ling, P., 2019, “Friction and Wear Maps of Copper Metal Matrix Composites with Different Iron Volume Content,” Tribology International, 132: 199-210
  10. Kovalchenko, A.M., Fushchich, O.I., Danyluk, S., 2012, “The Tribological Properties and Mechanism of Wear of Cu-Based Sintered Powder Materials Containing Molybdenum Disulfide and Molybdenum Diselenite Under Unlubricated Sliding Against Copper,” Wear, 290-291: 106-123
  11. Kennedy, F.E., Balbahadur, A.C., Lashmore, D.S., 1997, “The Friction and Wear of Cu-Based Silicon Carbide Particulate Metal Matrix Composites for Brake Applications,” Wear, 203-204: 715-721
  12. Zhao, S., Yan, Q., Peng, T., Zhang, X., Wen, Y., 2020, “The Braking Behaviors of Cu-Based Powder Metallurgy Brake Pads Mated with C/C–SIC Disk for High-Speed Train,” Wear, 448-449: 1-11
  13. Archard, J.F., 1953, “Contact and Rubbing of Flat Surfaces,” Journal of Applied Physics, 24: 981–988
  14. Sukamto, 2012, “Analisis Keausan Kampas Rem pada Sepeda Motor,” Jurnal Teknik , 2: 31-39
  15. Callister, W.D., Rethwisch, D.G., 2011. “Materials science and engineering: an introduction,” Wiley, New York
  16. Sulistyo, 2018, “Dampak Proses Sintering Material Keramik pada Sifat Mekanik dan Dimensi Suatu Produk,” ROTASI, 20: 244-248
  17. Gita, N.H., Widyastuti, 2014, “Pengaruh Komposisi Cu dan Variasi Tekanan Kompaksi terhadap Densitas dan Kekerasan pada Komposit W-Cu untuk Proyektil Peluru dengan Proses Metalurgi Serbuk,” Jurnal Teknik Pomits, 3: 96-101
  18. Triadi, A.A.A., Wangi, K.G.K., Setyawan, P.D., 2022, “Efek Suhu Sintering dan Komposisi Bahan terhadap Karakteristik Mekanik Komposit Berbahan Limbah Aluminium dan Kaca Menggunakan Metode Metalurgi Serbuk,” Dinamika Teknik Mesin, 12: 19-28
  19. Safira, H., Sutjipto, S., Wiranegara, H., 2020, “Karakteristik Pengaruh Suhu Sintering terhadap Kekerasan, Porositas dan Penyusutan Roda Gigi Lurus Berbahan Serbuk Besi,” Metal Indonesia, 42: 1-10
  20. Taufik, A., Darmanto, Syafa’at, I., 2018 “Analisis Keausan Kampas Rem pada Disc Brake dengan Variasi Kecepatan,” Jurnal Ilmiah Momentum, 14: 27-32
  21. Bimantoro, E., Darmanto, 2022, “Analisis Keausan Kampas dengan Variasi Jumlah Alur pada Kampas Rem,” Jurnal Ilmiah Momentum, 18: 151-155

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.