BibTex Citation Data :
@article{JTM37555, author = {M Agam Adhi and Muchammad Muchammad and Mohammad Tauviqirrahman}, title = {ANALISIS PENGARUH RPM, KEDALAMAN POCKET, DAN KEKASARAN PERMUKAAN TERHADAP KARAKTERISTIK THERMOHYDRODYNAMIC THRUST BEARING DENGAN MENGGUNAKAN CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS)}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {9}, number = {4}, year = {2021}, keywords = {kekerasan; kondisi no-slip; open pocket; thrust bearing}, abstract = { Di masa industri modern saat ini, kebutuhan akan mesin industri yang mumpuni dan efisien semakin meningkat termasuk komponen-komponen di dalamnya. Salah satu komponen penting dalam mesin adalah bearing , yang berfungsi untuk mengurangi gesekan/friksi antar dua benda yang bergerak relatif satu sama lain. Gesekan yang terjadi pada komponen mesin ini dapat menurunkan efisiensi mesin, meningkatkan suhu, deformasi pada komponen, dan efek negatif lainnya. Antar permukaan pada bearing dipisahkan oleh suatu fluida atau komponen lain seperti ball . Salah satu bearing yang menggunakan pemisah berupa fluida adalah thrust bearing . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecepatan Putar pada thrust bearing dengan menggunakan variasi nilai RPM yaitu: 2000, 3000, 4000, 5000, dan 6000 RPM terhadap peforma thrust bearing yang dilihat dari nilai distribusi tekanan, load support dan friction force . Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa pada pemberian nilai kecepatan putar yang lebih tinggi pada thrust bearing menghasilkan nilai dari tekanan, load support , dan friction force yang lebih tinggi. Selain itu untuk hasil dari pemberian kekasaran yakni hasil terbaik didapat dari kekasaran high level pada bagian pocket saja dan kekasaran low level pada bagian full. }, issn = {2303-1972}, pages = {541--544} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/37555} }
Refworks Citation Data :
Di masa industri modern saat ini, kebutuhan akan mesin industri yang mumpuni dan efisien semakin meningkat termasuk komponen-komponen di dalamnya. Salah satu komponen penting dalam mesin adalah bearing, yang berfungsi untuk mengurangi gesekan/friksi antar dua benda yang bergerak relatif satu sama lain. Gesekan yang terjadi pada komponen mesin ini dapat menurunkan efisiensi mesin, meningkatkan suhu, deformasi pada komponen, dan efek negatif lainnya. Antar permukaan pada bearing dipisahkan oleh suatu fluida atau komponen lain seperti ball. Salah satu bearing yang menggunakan pemisah berupa fluida adalah thrust bearing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecepatan Putar pada thrust bearing dengan menggunakan variasi nilai RPM yaitu: 2000, 3000, 4000, 5000, dan 6000 RPM terhadap peforma thrust bearing yang dilihat dari nilai distribusi tekanan, load support dan friction force. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa pada pemberian nilai kecepatan putar yang lebih tinggi pada thrust bearing menghasilkan nilai dari tekanan, load support, dan friction force yang lebih tinggi. Selain itu untuk hasil dari pemberian kekasaran yakni hasil terbaik didapat dari kekasaran high level pada bagian pocket saja dan kekasaran low level pada bagian full.
Last update: