skip to main content

ANALISIS PERFORMA CORNERING MEDIUM DUTY TRUK DENGAN SUSPENSI LEAF SPRING MELALUI METODE MULTIBODY DYNAMICS (MBD) SIMULATION

*Albert Ishac Einstein Simanjuntak  -  Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275, Indonesia
Ismoyo Haryanto  -  Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275, Indonesia
Toni Prahasto  -  Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kendaraan logistik merupakan kendaraan yang ditujukan untuk pengangkutan barang produksi. Transportasi logistik jalur darat pada umumnya menggunakan kendaraan muatan seperti truk, truk bak, truk box dan sebagainya. Kebutuhan pemindahan barang dalam jumlah besar dan cepat merupakan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pengangkutan logistik namun daerah perkotaan yang tidak mendukung bagi truk dengan ukuran yang besar sehingga truk dan truk bak tidak direkomendasikan untuk pengangkutan barang di daerah kota. Multibody Dynamics (MBD) simulation merupakan salah satu metode untuk menguji kinematika dan dinamika dari rancangan suspensi. Pada penelitian ini dilakukan pengujian MBD dengan metode pengujian Kinematic and Compliance dan Constant Radius Constant. Model kendaraan yang dijadikan referensi pada penelitian ini adalah medium duty truck-Hino 338, yang merupakan kendaraan logistik dengan daerah tujuan operasi di perkotaan. Berdasarkan pengujian kinematic and compliance pada sistem kemudi depan didapatkan data yang terdiri dari vertical load, toe angle, camber angle, caster angle serta steering angle dalam dan luar dari truk yang masing-masing 34.1° dan 19.7°. Data tersebut kemudian diolah dan didapatkan ratio steering sebesar 13,4 :1. Penelitian dilanjutkan dengan melakukan pengujian constant speed constant radius (CSCR) dengan memperhitungkan radius putar minimum yang memungkinkan pada kendaraan berdasarkan geometri steering ackerman. Pengujian constant speed constant radius mendapatkan kondisi dinamik dari truk yang teridiri dari turning radius, steering wheel angle, lateral acceleration, vehicle roll, vehicle yaw rate, vehicle path, vehicle slip. Dari pengujian didapatkan kecepatan aman maximum untuk melakukan cornering pada lintasan dengan radius 9.5 sebelum truk mengalami kondisi slip adalah 25km/jam.

Fulltext View|Download
Keywords: constant speed constant radius simulation; cornering MBD; medium duty truck

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.