BibTex Citation Data :
@article{JTM36656, author = {Daniel Danesworo and Budi Setiyana and Muhammad Tauviqirrahman}, title = {INVESTIGASI DAMPAK BEBAN PADA KONTAK GESEK TREAD BLOCK SBR 25 PADA PERMUKAAN RIGID DENGAN METODE FINITE ELEMENT}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {9}, number = {3}, year = {2021}, keywords = {hyperelastis; mooney rivlin; SEF; tread block; yeoh}, abstract = { Ban adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan, ban memiliki komponen yang disebut tread block yang bergesekan langsung dengan permukaan jalan. Pada saat kendaraan bergerak, tread block akan mengalami pergerakan translasi dan rotasi, sehingga tread block akan mengalami berbagai gaya. Dalam penelitian ini digunakan metode finite element untuk menganalisa gaya gaya yang terjadi pada tread block mengalami tranlasi dimana komponen tersebut akan mengalami penekanan dan pergeseran pada permukaan keras, pembahasan pada penulisan ini akan membahas dampak dari perbedaan kedalaman penekanan dan penggunaan SEF yang berbeda pada tread block saat mengalami penekanan dan pergeseran pada permukaan rigid dengan kecepatan yang konstan. Dengan menggunakan software ABAQUS6.14-5 untuk memodelkan model 2 dimensi akan dimodelkan simulasi penekanan dan pergeseran pada tread block untuk mengetahui dampak penekanan dan perbedaan SEF pada tegangan yang akan terjadi pada tread block gaya – gaya reaksinya pada sumbu vertikal dan horizontal dan koefisien gesek total yang terjadi, serta distribusi tegangan, gaya – gaya reaksi serta distribusi koefisien gesek pada permukaan tread block yang bergesekan langsung pada permukaan jalan. }, issn = {2303-1972}, pages = {417--428} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/36656} }
Refworks Citation Data :
Ban adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan, ban memiliki komponen yang disebut tread block yang bergesekan langsung dengan permukaan jalan. Pada saat kendaraan bergerak, tread block akan mengalami pergerakan translasi dan rotasi, sehingga tread block akan mengalami berbagai gaya. Dalam penelitian ini digunakan metode finite element untuk menganalisa gaya gaya yang terjadi pada tread block mengalami tranlasi dimana komponen tersebut akan mengalami penekanan dan pergeseran pada permukaan keras, pembahasan pada penulisan ini akan membahas dampak dari perbedaan kedalaman penekanan dan penggunaan SEF yang berbeda pada tread block saat mengalami penekanan dan pergeseran pada permukaan rigid dengan kecepatan yang konstan. Dengan menggunakan software ABAQUS6.14-5 untuk memodelkan model 2 dimensi akan dimodelkan simulasi penekanan dan pergeseran pada tread block untuk mengetahui dampak penekanan dan perbedaan SEF pada tegangan yang akan terjadi pada tread block gaya – gaya reaksinya pada sumbu vertikal dan horizontal dan koefisien gesek total yang terjadi, serta distribusi tegangan, gaya – gaya reaksi serta distribusi koefisien gesek pada permukaan tread block yang bergesekan langsung pada permukaan jalan.
Last update: