skip to main content

PERBANDINGAN KONTUR TEKANAN ANTARA PERMODELAN ALIRAN TURBULEN DAN LAMINAR PADA KASUS THRUST BEARING

*Ben Oni Pugastri  -  Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275, Indonesia
Mohammad Tauviqirrahman  -  Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275, Indonesia
Muchammad Muchammad  -  Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Thrust bearing adalah elemen mesin yang berfungsi untuk menopang beban aksial dari poros yang berputar. Thrust bearing mentransmisikan beban aksial dari poros yang berputar melalui permukaan kontak yang bergerak relatif satu sama lain. Selama bertahun-tahun, berbagai studi telah dilakukan oleh para peneliti dalam upaya meningkatkan performa thrust bearing. Pada penelitian ini, analisis thermohydrodynamic (THD) dilakukan dengan simulasi berbasis computational fluid dynamics (CFD) dengan tujuan untuk menganalisis performa thrust bearing dengan rectangular dimples menggunakan beberapa jenis pemodelan turbulensi. Hasil penelitian ini akan menampilkan perbandingan performa tribologi antara masing-masing model turbulensi dengan mempertimbangkan adanya kavitasi dan kondisi termal pada thrust bearing. Selain itu, hasil ini akan dibandingkan dengan performa thrust bearing dalam kondisi aliran laminar tanpa mempertimbangkan kavitasi. Hasil penelitian ini diinterpretasikan, dibandingkan satu sama lain, dan ditetapkan untuk menemukan performa terbaik di setiap kondisi operasi.
Fulltext View|Download
Keywords: CFD; kavitasi; laminar; performa; thermohydrodynamic; thrust bearing; turbulensi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.