BibTex Citation Data :
@article{JTM35140, author = {Jonathan Ketaren and Toni Prahasto and Ismoyo Haryanto}, title = {ANALISA DAN KAJI PARAMETER DESAIN SUSPENSI MCPHERSON TERHADAP PERILAKU KENDARAAN MENGGUNAKAN METODE MULTI BODY DYNAMIC}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {10}, number = {3}, year = {2022}, keywords = {city car; handling; MacPherson; ride quality; suspensi}, abstract = {Dengan meningkatnya pertumbuhan warga di daerah perkotaan, maka dibutuhkan city car yang compact dalam memobilisasi kegiatan masyarakat di perkotaan dengan baik. Keamanan dan kenyamanan dari city car menjadi hal yang harus diperhatikan dalam mendesain sebuah kendaraaan. Suspensi merupakan komponen dari sebuah kendaraan yang berperan penting dalam menjaga kenyamanan dan keamanan dari penumpang. Sistem suspensi yang banyak digunakan oleh city car adalah sistem suspensi MacPherson dengan konfigurasi penggerak roda depan. Handling kendaraan menjadi faktor yang penting dalam mendesain sebuah sistem suspensi. Ketika sebuah sistem suspensi sedang beroperasi terdapat beberapa parameter yang mempengaruhi handling dari sistem suspensi, yaitu lateral acceleration, roll angle, vertical tire force, steering wheel torque, yaw rate, understeer dan load transfer. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain sistem suspensi macpherson, kemudian dilanjutkan dengan simulasi untuk menganalisis handling sistem suspensi pada saat sistem suspensi beroperasi. Dari hasil analisis handling sistem suspensi akan diberikan optimasi pada tingkat kekakuan suspensi serta pemberian stabilizer bar. Hasil simulasi yang telah dilakukan didapatkan dengan kekakuan suspensi dengan spesifikasi pada suspensi depan dengan coil spring k=30 N/mm dan strut damper 1 Ns/m, pada suspensi belakang dengan coil spring k=30 N/mm dan strut damper 1 Ns/m. Hasil yang didapatkan adalah pada lateral acceleration berada diantara 0,4217 G dan -0,2958 G, yaw rate berada di antara 14,2098 deg/sec dan -9,72899 deg/sec, momen yang diberikan pada roda kemudi diantara 11,2619 Nm dan -6,5767, serta roll angle yang terjadi diantara 2,5494 deg dan -1,8005 deg. Hasil simuliasi ini akan digunakan untuk menentukan strategi optimasi yang diberikan untuk performa handling kendaraan. Strategi optimasi yang diberikan adalah dengan meningkatkan kekakuan suspensi menjadi pada suspensi depan dengan coil spring k=32 N/mm dan strut damper 2 Ns/m, pada suspensi belakang dengan coil spring k=30 N/mm dan strut damper 1 Ns/m serta penambahan stabilizer bar berukuran OD=20 m. Hasil optimasi yang didapatkan adalah pada lateral acceleration berada diantara 0,4073 G dan -0,2958 G, yaw rate berada di antara 13,358 deg/sec dan -9,151 deg/sec, momen yang diberikan pada roda kemudi diantara 10,2292 Nm dan -7,5471, serta roll angle yang terjadi diantara 1,3915 deg dan -1,1378 deg}, issn = {2303-1972}, pages = {435--444} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/35140} }
Refworks Citation Data :
Last update: