slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM AKUSISI DATA DINAMOMETER SASIS SEPEDA MOTOR BERBASIS LABVIEW SERTA PENGUJIAANYA PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT FI 110 CC | Munthe | JURNAL TEKNIK MESIN skip to main content

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM AKUSISI DATA DINAMOMETER SASIS SEPEDA MOTOR BERBASIS LABVIEW SERTA PENGUJIAANYA PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT FI 110 CC

*Felix Liphwan Munthe  -  Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275, Indonesia
Nazaruddin Sinaga  -  Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275, Indonesia
Bambang Yunianto  -  Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Perawatan sepeda motor untuk menjaga performa mesin motor tetap optimal, seperti servis, cleaning, dan tune up. Proses tersebut tidak dapat dinyatakan dalam bentuk data, karena tidak bisa dilihat secara rill dan tidak ada parameter sebagai tolak ukur seperti torsi, daya dan fuel consumption maka dibutuhkan suatu alat ukur dinamometer. Perancangan dan pembuatan sistm akusisi data pada penelitian ini, bertujuan untuk melakukan pengolahan, visualisasi, dan penyimpanan data pengukuran secara realtime. Penelitian ini menggunakan software Labview 2019 sebagai interface dan NI-USB 6212 sebagai hardware. Penelitian ini menggunakan metode wide open throttle pada pengujian dinamometer inersia absorbsi, dan dilakukan pengujian pengukuran fuel consumption. Hasil dari penelitian mendapatkan nilai ketidakpastian pengukuran yang telah dihasilkan pada masing – masing sensor sebagai alat ukur yaitu gaya F = F̅ ± 0,99%, rpm roller Nr = N̅r ± 1,13%, rpm engine Ne = N̅e   ± 0,75%, fuel consumption FC = F̅c ± 2,45%. Karakteristik dinamometer inersia memiliki ketidakpastian pengukuran yaitu torsi Te = Te ± 1,64% dan daya Pe = Pe ± 1,46%. Karakteristik dinamometer absorbsi memiliki ketidakpastian pengukuran yaitu torsi Te = Te ± 1,68% dan daya Pe = Pe ± 1,68%. Dan karakteristik pengujian fuel consumption memiliki ketidakpastian pengukuran yaitu bsfc BSFC = BSFC ± 2,87%.
Fulltext View|Download
Keywords: data akusisi; daya; dinamometer; labview; torsi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.