slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PENGARUH VARIASI PUTARAN MESIN DAN WAKTU PENGEREMAN TERHADAP TEMPERATUR DAN KOEFISIEN GESEK PADA BRAKE PADS DAN BRAKE SHOE DENGAN ALAT UJI BERBASIS REMOTE MONITORING SYSTEM | Ramadhany | JURNAL TEKNIK MESIN skip to main content

PENGARUH VARIASI PUTARAN MESIN DAN WAKTU PENGEREMAN TERHADAP TEMPERATUR DAN KOEFISIEN GESEK PADA BRAKE PADS DAN BRAKE SHOE DENGAN ALAT UJI BERBASIS REMOTE MONITORING SYSTEM

*Muhammad Fachry Ramadhany  -  Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro., Indonesia
Gunawan Dwi Haryadi  -  Dosen Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro., Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kegagalan pada sistem pengereman banyak berakibat fatal yang berujung kecelakaan, salah satu penyebabnya yaitu Brake Fade. Penyebab dari brake fade adalah temperatur pengereman yang melebihi temperatur maksimum material kampas rem tersebut, sehingga terjadi penurunan koefisien gesek (daya pengereman). Maka dari itu pada penilitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh temperatur pengereman terhadap koefisien gesek, pengurangan ketebalan, dan waktu pengereman. Jenis rem yang digunakan merupakan rem cakram dengan kampas rem dari beberapa merk diantaranya, merk BP1, merk BP2, merk BP3, merk BP4, merk BS1, merk BS2, merk BS3, dan merk BS4. Metode pengujian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan dua metode, metode pertama adalah melakukan pengereman dari variasi RPM hingga kondisi steady, dan metode kedua yaitu melakukan pengujian braking cycle dimana pengereman dilakukan tiap 500 RPM dengan penahanan waktu 1 menit (brake pad) dan 2 menit (brake shoe). Pengukuran temperatur pengereman dengan menggunakan infrared thermometer dan thermocouple yang menjadi rangkaian RMS-Brake. Pengukuran waktu pengereman dan ketebalan kampas rem sebelum dan setelah pengujian juga dilakukan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap temperatur pengereman. Dari hasil pengujian, kampas rem merk BP1 fading pada temperatur 305,9˚C; kampas rem merk BP2 fading pada temperatur 191,1˚C; kampas rem merk BP3 fading pada temperatur 203,7˚C; dan kampas rem merk BP4 fading pada temperatur 132˚C. Untuk kampas rem merk BS1 fading pada temperatur 281,4˚C; kampas rem merk BS2 fading pada temperatur 229,7˚C; kampas rem merk BS3 fading pada temperatur 218,4˚C; dan kampas rem merk BP4 fading pada temperatur 250,4˚C.

Fulltext View|Download
Keywords: Rem cakram, rem tromol, temperatur, waktu pengereman, fading

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.