skip to main content

Perancangan Aset Permainan “Satria Piningit” dengan Menggunakan RPG Maker MV berbasis Android

*Jeremy Martin Simanjuntak  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Akses Terbuka Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Sari
Tujuan memperkenalkan sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro kepada masyarakat yang direalisasikan dalam bentuk permainan. Proses yang dilakukan dalam pembuatan permainan ini menggunakan aplikasi RPG Maker MV sebagai dasar pembuatan aset permainan ini.  Menggunakan metode Game Development Life Cycle untuk memudahkan dalam proses pembuatan dan penyatuan aset game. Tahapan pengembangan permainan menggunakan metode GDLC terdiri dari inisiasi, praproduksi, produksi, pengujian alfa, pengujian beta, dan tahap rilis. Perancangan desain map, karakter dan pemilihan sound effect dalam permainan "Satria Piningit” dilakukan untuk memberikan pengalaman yang sesuai dalam menjalankan permainan. Pembuatan desain antarmuka pengguna dan pembuatan peristiwa untuk melengkapi proses pembuatan permainan “Satria Piningit”.
Fulltext View|Download
Kata Kunci: Satria Piningit; Aset Game; RPG Maker MV; GDLC

Article Metrics:

  1. Bisnisumkm.com. (2022, 16 Mei). Harbuknas 2022 : Literasi Indonesia Peringkat Ke-62 Dari 70 Negara. Diakses pada 5 November 2022, dari https://bisniskumkm.com/harbuknas-2022-literasi-indonesia-peringkat-ke-62-dari-70-negara/
  2. Andryan, Eko. “Perancangan Aset Grafis Game Android Adu Gasing” Naskah Publikasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, 2014
  3. Aziz, Mahmuddin. Widyasari. “Perancangan Aset Visual 2D pada Game 2D Platformer “Super Sean 007” Level 1” Paper, UPN “Veteran” Jawa Timur, 2022
  4. Madani, Ira Kusuma. Ramansyah, Aris, S.Sn., M.Ds. Widyasari. “Perancangan Karakter 3D untuk Game Edukasi Mengenai Pencemaran Sampah Plastik di Laut Indonesia” Skripsi, Universitas Telkom, 2020. Strimpel, "Computer graphics," in McGraw-Hill Encyclopedia of Science and Technology, 8th ed., Vol. 4. New York: McGraw-Hill, 1997, pp. 279-283
  5. Andriyat Krisdiawan, R.; Darsanto. Penerapan Model Pengembangan Game GDLC (Game Development Life Cycle) Dalam Membangun Game Platform Berbasis Mobile. teknokom 2019, 2, 31-40
  6. Wahyu Nur Cholifah, Yulianingsih, Sri Melati Sagita. "Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap" Jurnal String Vol. 3 No.2, (2018): 207
  7. "Mengenal System Usability Scale" Binus University, Diakses pada 28 Februari 2023. https://sis.binus.ac.id/2022/02/07/mengenal-system-usability-scale/
  8. R. Ulfa, "Mengukur kepuasan pengguna sistem informasi bimbingan konseling (E-BK) menggunakan System Usability Scale (SUS) di SMK Negeri 1 Banda Aceh,", Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, 2021

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.