skip to main content

Perancangan User Interface dan User Experience (UI/UX) pada Aplikasi "BCA Mobile" Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)

*Dadio Satriotomo Mubiarto  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
R. Rizal Isnanto orcid scopus  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ike Pertiwi Windasari  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Akses Terbuka Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Sari
Pada era globalisasi saat ini, penggunaan perangkat bergerak sangatlah terpengaruh akibat perkembangan internet. Hal ini mengakibatkan banyak instansi mengembangkan aplikasi perangkat. BCA Mobile merupakan aplikasi perangkat bergerak banking pertama di Indonesia yang dirilis oleh PT. Bank Central Asia TBK. Namun, banyak pengguna yang mengeluh melalui bagian reviews di Google Play Store sehingga penulis ingin melakukan perancangan user interface dan user experience (UI/UX) pada aplikasi BCA Mobile menggunakan metode user centered     design. Perusahaan atau instansi lainnya harus memikirkan kepuasan pengguna Ketika menggunakan aplikasi. User interface dan user experience merupakan bagian yang penting dalam pengembangan sebuah aplikasi. Salah satu metode perancangan aplikasi adalah Metode User Centered Design. Metode User Centered Design adalah sebuah metode perancangan desain sebuah aplikasi yang berpusat kepada keinginan dan kebutuhan pengguna dari aplikasi tersebut yang terdiri dari 4 tahap yaitu memahami konteks penggunaan, melakukan spesifikasi kebutuhan pengguna, merancang solusi desain, dan mengevaluasi desain terhadap kebutuhan pengguna. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, rancangan user interface dan user experience (UI/UX) aplikasi BCA Mobile telah berhasil dilakukan dengan menggunakan metode user centered design dimana perancangan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna berdasarkan jawaban kuesioner yang dibagikan. Hasil pengujian dilakukan menggunakan metode SUS menunjukan bahwa responden merasa puas dengan persentase yang didapatkan yakni 80%.

Catatan: Artikel ini mempunyai file lampiran.

Fulltext View|Download |  Surat Hak Cipta
Surat Hak Cipta
Subjek
Tipe Surat Hak Cipta
  Unduh (255KB)    metadata pengindeksan

Article Metrics:

  1. Wibowo, R., Wijoyo, S., & Rokhmawati, R. 2019, Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Banking di Indonesia Dengan Menggunakan Ubability Testing dadn User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada JakOne Mobile dan BCA Mobile), Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, pp.5666-5673
  2. Karara, Merlinda Dona., 2019, Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan mobile banking melalui aplikasi BCA Mobile, Thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA, Semarang
  3. Cavanaugh, A.B., 2021, Analisis dan Perancangan UI/UX dengan Metode User Centered Design pada Website DLU Ferry., Skripsi S-1, Universitas Dinamika
  4. Solichuddin, R.B., 2021, Perancangan User Interface dan User Experience dengan Metode User Centered Design pada Situs Web Kalografi, Skripsi S-1, Universitas Islam Indonesia
  5. Maulana, T.M., 2020, Perancangan User Interface User Experience Dengan Metode User Centered Design pada Aplikasi Mobile AUCTENTIK., Skripsi S-1, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
  6. Riza, U., 2021, Mengukur Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Bimbingan Konseling (E-Bk) Menggunakan System Usability Scale (SUS) Di SMK Negeri 1 Banda Aceh, Thesis, UIN Ar-raniry
  7. Dorie, P., 2021, Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring Di Universitas XYZ, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol.8, no.3, pp. 1615-1626

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.