ANALISIS KINERJA ORGANISASI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA SEMARANG (STUDI KASUS DI UPTD KAMPOENG WISATA TAMAN LELE)

Annisa Azwar Kurniati, Hartuti Purnaweni, Tri Yuniningsih
DOI: 10.14710/jppmr.v4i3.8882

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan pencapaian kinerja organisasi UPTD Kampoeng Wisata Taman Lele yang belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja organisasi pada UPTD Kampoeng Wisata Taman Lele dilihat dari dimensi kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas, efektivitas dan efisiensi. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek yang ditentukan secara snowball dan accidental sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara dan analisis data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, kinerja organisasi UPTD Kampoeng Wisata Taman Lele belum optimal dilihat dari dimensi kualitas layanan yaitu ketersediaan sarana prasarana atau fasilitas rekreasi yang masih kurang. Responsivitas yang masih kurang dilihat dari belum adanya wadah pengaduan. Responsibilitas dilihat dari belum adanya prosedur terkait dengan standarisasi usaha taman rekreasi. Akuntabilitas masih ada kendala yaitu belum tercapainya target kinerja organisasi, Efektivitas juga masih ada kendala yaitu belum tercapainya target jumlah pendapatan dan jumlah kinjungan wisatawan. Efisiensi juga masih ada kendala yaitu jumlah anggaran untuk operasional dan perawatan yang masih sangat terbatas serta jumlah sumber daya manusia yang masih kurang, terutama untuk petugas keamanan dan petugas kebersihan. Saran yang dapat diberikan untuk mengoptimalkan kinerja adalah menambah sarana prasarana atau fasilitas rekreasi, menyediakan kotak saran untuk wadah pengaduan, membuat prosedur terkait standar usaha taman rekreasi, meningkatkan promosi melalui koran dan media internet, menyajikan kegiatan atraksi seni, mendistribusikan anggaran sesuai dengan kebutuhan UPTD dan menambah jumlah pegawai untuk kebersihan dan keamanan.

Full Text: PDF

Keywords

Organisasi Publik, Kinerja Organisasi