STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AIR TERJUN TRETES KEC.WONOSALAM, KAB. JOMBANG

Zunan Mubarokah, Budi Puspo Priyadi, Ida Hayu Dwimawanti
DOI: 10.14710/jppmr.v1i1.49481

Abstract

Air Terjun Tretes merupakan objek wisata yang memiliki berbagai keunggulan sehingga berpotensi menjadi destinasi unggulan di Kabupaten Jombang. Selama ini wisata Air Terjun Tretes belum bisa berkembang karena belum adanya strategi pengembangan serta kendala akses jalan pada wisata Air Terjun Tretes. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan merekomendasikan strategi pengembangan Objek Wisata Air Terjun Tretes, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran dengan design exploratory sequential. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka dengan menggunakan analisis SWOT dan Tes Uji Litmus sebagai alat analisis data. Hasil penelitian didapatkan kekuatan Air Terjun Tretes, yaitu terdapat visi dan misi organisasi yang konservatif, petugas UPT berpendidikan tinggi, staf dengan kompetensi khusus, ketersediaan area parkir luas, fasilitas lengkap, memiliki potensi sebagai Air Terjun tertinggi serta harga tiket masuk tergolong murah. Untuk kelemahan pada Objek Wisata Air Terjun Tretes, yaitu akses jalan yang sulit, kurangnya keamanan, tidak adanya listrik, keterbatasan internet serta keterbatasan anggaran. Peluang yang dimiliki oleh Air Terjun Tretes, yaitu dukungan masyarakat lokal yang aktif, adanya regulasi yang mendukung, adanya sosial media untuk media promosi, tidak adanya hambatan politik serta adanya kerja sama dengan Karang Taruna. Ancaman pada Objek Wisata Air Terjun Tretes, yaitu tidak adanya kerja sama dengan sektor swasta serta kondisi ekonomi yang fluktuatif. Dalam penelitian ini dihasilkan isu strategis dengan skor paling tinggi, yaitu mengupayakan pemasangan listrik dan internet melalui dukungan masyarakat lokal dan karang taruna.

Full Text: PDF

Keywords

Strategi, SWOT, Uji Litmus, Pariwisata, Air Terjun Tretes