HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KELURAHAN BABATAN KOTA SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan dan kinerja pegawai terhadap kepuasan Masyarakat di Kantor Kelurahan Babatan Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang melakukan pelayanan di Kantor Kelurahan Babatan Kota Surabaya dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 100 responden.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat, serta antara kinerja pegawai dan kepuasan masyarakat. Secara spesifik kepuasan masyarakat akan meningkat apabila kualitas pelayanan dan kinerja pegawai meningkat begitu juga sebaliknya. Namun masih terdapat faktor lain yang diindikasi dapat menjadi pengaruh kepuasan Masyarakat.
Keywords
Kualitas Pelayanan, Kinerja Pegawai, Kepuasan Masyarakat