IMPLEMENTASI PROGRAM GASPOL 12 TAHUN (GERAKAN AYO SEKOLAH POL 12 TAHUN) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KABUPATEN REMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Program GASPOL 12 Tahun (Gerakan Ayo Sekolah pol 12 Tahun) serta elemen-elemen yang mendukung atau menghambat implementasinya. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program GASPOL 12 tahun ini masih belum optimal karena masih ada target sasaran yang enggan kembail ke sekolah. Faktor pendorong dari implementasi program GASPOL 12 Tahun ini adalah Komitmen pimpinan politik dan waktu dan perubahan kepentingan. Faktor penghambat dari Impementasi program adalah semakinbanyaknya pemain/aktor semakin kompleks, adanya loyalitas ganda, kerumitan yang melekat pada program yaitu masih kurangya fasilitas pendukung, tidak adanya SOP dalam implementasinya. Dapat disimpulkan bahwa Implementasi Program GASPOL 12 Tahun (Gerakan Ayo Sekolah Pol 12 Tahun) di Kabupaten Rembang secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik namun beberapa faktor penghambat menyebabkan pelaksanaan program kurang optimal. Saran dari peneliti membuat SOP khusus, melakukan koordinasi rutin dengan aktor lainnya, pemberian insentif yang sesuai bagi implementator, penambhan sarana prasana penunjang seperti sekolah inklusi, serta pengawasan lebih lanjut terhadap target yang telah diintervensi sesuai dengan identifikasi sasaran.
Keywords
Implementasi, Kebijakan Publik, Program GASPOL 12 Tahun