EVALUASI PROGRAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) KEMENTERIAN PENDIDIDKAN NASIONAL TINGKAT SMA DI KOTA SEMARANG (STUDI PADA SMA NEGERI 9 SEMARANG)
Abstract
Program Buku Sekolah Elektronik (BSE) dilatarbelakangi oleh terkait mahalnya buku sekolah sebagai salah satu fasilitas penunjang pendidikan. Kemudian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengupayakan ketersediaan buku murah dan berkualitas bagi peserta didik dengan program buku sekolah elektronik. Kebijakan ini berpijak pada Permrndiknas no 2 tahun 2008 tentang Buku.
Tujuan penelitian evaluasi ini adalah untuk mengetahui pencapaian tujuan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program Buku Sekolah Elektronik (BSE) di tingkat SMA di kota Semarang (Studi Pada SMA 9 Kota Semarang). Tujuan tersebut dapat tercapai melalui proses evaluasi dan di lihat dari kriteria evaluasi menurut Dunn yaitu efektifitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas dan ketepatan
Hasil Penelitian ini menunjukan SMA 9 Kota Semarang telah memiliki kesiapan akan pemahaman dan sarana pasarana yang baik untuk pelaksanaan program Buku Sekolah Elektronik. Namun pelaksanaan program Buku Sekolah Elektronik ini belum maksimal apa yang menjadi tujuan pun belum tercapai. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan BSE yang mempengaruhi (1) Sosialisasi (2) Petunjuk teknis (2) Koordinasi yang kurang antara pemerintah dan sekolah (3) Proses pendistribusian yang tidak dilakukan. Dari hal tersebut dituntut kesiapan dari pemerintah akan pelaksanaan kebijakan, kejelasan akan sosialisasi dan petunjuk teknis serta koordinasi yang baik antara stekholder dalam pencapaian tujuan yang di tetapkan